Jaga Taman Kalidoro, Jangan Buang Sampah Sembarangan

Jaga Taman Kalidoro, Jangan Buang Sampah Sembarangan
Pati Kota, Direktoripati.Com - Kesadaran warga Pati untuk membuang sampah di tempatnya masih rendah. Sejumlah area publik, seperti Taman Hutan Kota dan Taman Kalidoro masih dibanjiri sampah.

Karena itu, Bupati Pati Haryanto mengimbau kepada seluruh warga untuk menjaga taman Kalidoro. "Jangan buang sampah sembarangan," ujarnya saat ditemui Direktoripati.Com.

Tak ayal, tempat sampah yang dicat warna warni bertuliskan jenis-jenis sampah yang harus dibuang, dianggap sebagai pemanis saja. Hal ini diakui Waginah, petugas kebersihan Taman Kalidoro.

"Ada sekitar 10 tempat sampah di Taman Kalidoro. Masing-masing terdiri dari tiga kotak untuk sampah plastik, sampah kering dan sampah basah. Tapi, pengunjung masih membuang sampah di rumput," ujar Waginah.

Bahkan, lanjut Waginah, tak jarang pengunjung meninggalkan sampah di gazebo. "Saya tidak berani menegur. Tugas saya memungut sampah. Beberapa orang membuang sampah di gazebo, seperti plastik, kertas, dan bungkus nasi dari daun pisang," ungkapnya.

Dia berharap agar masyarakat sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. "Saya membersihkan area taman tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam. Meski sudah ada petugas kebersihan, tapi masyarakat harus sadar jika membuang sampah di tempatnya itu penting," pesannya.

Beberapa pengunjung mengatakan, kesadaran membuang sampah di tempatnya memang menjadi PR tersendiri. Pasalnya, kesadaran muncul dari diri sendiri.

Baca juga: 7 Tempat Pacaran dan Kencan di Pati yang Sering Dikunjungi

"Kewajiban pemerintah sudah dilaksanakan, yakni menyediakan tempat sampah dan petugas kebersihan. Selanjutnya, tinggal kesadaran warga apakah mau membuang sampah di tempatnya atau tidak," ujar salah satu warga Kecamatan Jakenan yang kebetulan tengah beristirahat di Taman Kalidoro.

"Kalau pengen pacaran, kencan, atau cari jodoh (relationship) di sini tidak masalah. Soalnya di sini tempatnya bagus buat pacaran atau kencan. Kalau cari tempat kencan di Pati, taman kalidoro juga representatif. Yang jelas, kencan yang sehat dan punya aturan. Jangan lupa untuk jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan," ujarnya.

0 Response to "Jaga Taman Kalidoro, Jangan Buang Sampah Sembarangan"

Post a Comment