Wow! Dollar Naik Harga Emas Turun

Dollar naik harga emas turun
Dollar naik harga emas turun, wow! Kenapa? Demikian hukum ekonomi yang berlaku. Menguatnya dollar AS membuat sejumlah warga mengeluh, salah satunya pembeli emas yang beroperasi di sepanjang jalan trotoar Jalan Soetomo dan Pasar Rogowangsan, Pati, Jawa Tengah.

Hal ini disebabkan harga emas kian menurun, berbarengan dengan menguatnya dollar AS terhadap rupiah.

Menurut pantauan Direktoripati.Com, ada sekitar 11 pembeli emas yang beroperasi di jalan trotoar, sebelah selatan kawasan Simpang Lima. ”Saya sudah lama menggeluti profesi sebagai pembeli emas. Saat ini, harga emas turun lantaran dollar naik dan semakin menguat,” keluh Wakijah, nenek usia 70 tahun asal Bareng, Kudus yang beroperasi di Jalan Soetomo, Pati.

Menurutnya, masyarakat semakin pandai. Jika harga emas turun bertepatan dengan dollar naik, biasanya tidak mau menjual emasnya. Dengan begitu, Wakijah dan sejumlah pembeli emas jalanan lainnya terancam tidak mendapatkan penghasilan. Sementara itu, ia harus mengeluarkan biaya untuk makan dan ongkos transportasi setiap harinya.

”Dua hari ini kosong, tidak ada yang menjual emas. Padahal, perjalanan dari Kudus menuju Pati membutuhkan ongkos. Makan juga butuh ongkos. Jadi, bekerja seharian tapi tak mendapatkan pemasukan,” ujarnya kepada Koran Muria.

Saat ini, Wakijah membeli emas dengan harga Rp 350.000 per gram, setelah sebelumnya sempat membeli emas Rp 400.000 per gram. Setelah itu, ia menjual lagi kepada pengusaha yang melebur dan mengolah emas.

Baca juga info wisata di Pati: Tips Wisata dan Liburan Bersama Keluarga Murah di Pati Jawa Tengah

”Semua emas itu laku, baik yang hancur lebur hingga masih berupa perhiasan. Hanya saja, yang membedakan adalah nilai karat, apakah emas muda, tua, atau campuran. Setelah mendapatkan emas, saya menjualnya ke pengusaha yang mengolah emas,” tuturnya.

0 Response to "Wow! Dollar Naik Harga Emas Turun"

Post a Comment