897 Polisi dan 406 TNI Amankan Pilkades Serentak

897 Polisi dan 406 TNI Amankan Pilkades Serentak
Kota Pati, Direktoripati.Com - Sebanyak 897 polisi dan 406 tentara nasional Indonesia (TNI) diterjunkan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 219 desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (28/3/2015).

Selain itu, personil keamanan Pilkades serentak lainnya berasal dari Satpol PP dan hansip. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Sarana dan Prasarana Polda Jateng Kombes Pol Sarbini dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan (PAM) di Mapolres Pati, Jumat (27/3) sore.

”Mengamankan Pilkades adalah tanggung jawab kita semua yang dimulai dari diri sendiri. Kalau ada yang membuat kerusuhan, segera diamankan. Tapi yang santun. Jangan sewenang-wenang, apalagi ada penyeretan. Jangan,” pesannya kepada ribuan personil yang akan disebar di sejumlah titik, terutama daerah rawan konflik.

Sementara itu, Kapolres Pati AKBP Budi Haryanto berpesan kepada seluruh personil untuk mengamankan Pilkades dengan sungguh-sungguh. Ia mengimbau kepada seluruh muspika, agar bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah dengan kegiatan penyuluhan, serta mengimbau kepala desa terpilih agar tidak meluapkan kegembiraan yang berlebihan.

”Jangan sampai kades terpilih nanti meluapkan kegembiraan berlebihan dengan menggelar pawai atau arak-arakan yang bersifat terbuka,” imbaunya.

Ia menambahkan, pihak keamanan baik dari TNI maupun Polri harus bersifat netral. Pasalnya, menurutnya, netralitas adalah harga mati. ”Bersikap netral adalah tidak memilih dan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apa pun, dalam konteks ucapan maupun perbuatan. Kalau ada anggota yang bersikap tidak netral, kami akan menindak dengan tegas,” tuturnya.

Ia juga mengimbau agar semua pihak keamanan harus saling berkomunikasi, berkoordinasi dan jangan sampai ada kesalahpahaman. ”Segera laporkan jika ada kerusuhan atau dinilai ada potensi gesekan konflik. Besok, pemungutan ada di 219 desa dengan tingkat kerawanan yang berbeda, baik kualitas maupun kuantitasnya. Maka, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mengatasi potensi kerawanan yang ada,” pungkasnya.

Baca juga berita (news) seputar Pati: Angka Penderita Tuberkulosis (Tb) di Pati Peringkat 10 Jawa Tengah

Dalam pengamanan tersebut, ada kesepakatan bersama supaya dalam proses pengamanan tidak membawa senjata api. Pasalnya, senjata api dinilai memicu adanya konflik baru.

0 Response to "897 Polisi dan 406 TNI Amankan Pilkades Serentak"

Post a Comment