Jelajah Wisata Benteng Portugis di Jepara-Pati

Tempat wisata di Indonesia memang menawarkan sejuta pesona keindahan alam yang indah dan memukau. Salah satu obyek wisata di Indonesia yang berada di antara Kabupaten Jepara dan Pati Jawa Tengah adalah Benteng Portugis.

Saat reporter Wisata Jalan-Jalan Direktoripati.Com melakukan reportase wisata (tourism reportage) bertema "Ekspedisi Banyutowo", kami diajak oleh Mas Ibda, penduduk asli Dukuhseti menuju Benteng Portugis di Jepara yang lokasinya tidak jauh dari wilayah Pati bagian utara.

Jelajah Wisata Benteng Portugis di Jepara-Pati

Dari Kecamatan Tayu menuju Dukuhseti kemudian pada bagian ujung terdapat Desa Puncel yang berbatasan dengan daerah Jepara. Dari perbatasan inilah lokasi benteng Portugis tak jauh dari Pati.

Karena itu, jelajah wisata Benteng Portugis di Jepara bisa menjadi alternatif bagi warga Pati untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga. Pun, wisatawan bisa memasukkan objek wisata Benteng Portugis Jepara sebagai salah satu daftar destinasi jelajah wisata Anda di Kabupaten Pati.

Obyek wisata Benteng Portugis
Di wilayah Benteng Portugis, pengunjung bisa menikmati indahnya pantai di mana mata kita juga akan tertuju pada pulau Mandalika yang bukan hanya indah dan eksotis, tetapi juga menyimpan sejuta sejarah, legenda, mitos dan misteri.

Jelajah Wisata Benteng Portugis di Jepara-Pati
Ada dua obyek yang dapat Anda jadikan sebagai wahana untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Pertama, obyek wisata Pantai. Kedua, bukit di mana benteng Portugis berada.

Atau, Anda bisa menggunakan jasa nelayan di sekitar untuk mengantarkan kita mengelilingi dan datang menuju Pulau Mondoliko. Pemandangannya sangat indah, elok, eksotis, menawan dan memukau. Benarkah? Coba saja datang ke sana.

Oh ya, meski proyeknya belum selesai, tetapi di sini juga ada agrowisata yang menawarkan liburan ala kebun. Wah, mantap sekali, bukan?

Homestay/mini hotel
Di dalam kawasan wisata Benteng Portugis Jepara saat ini sudah bisa dijumpai hotel kecil atau semacam penginapan (homestay) untuk memfasilitasi wisatawan atau bahkan pengunjung asing (foreign tourism) yang ingin istirahat dan menikmati indahnya pemandangan malam di Benteng Portugis.

Berapa biaya, tarif atau harga hotel penginapan di kawasan Benteng Portugis Jepara? Untuk menginap di paviliun (semacam hotel/penginapan) yang berada di pinggir pantai, Anda harus merogoh kocek antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu dengan biaya tambahan RP 50 ribu untuk extra bed.

Kalau Anda dari Bandara Ahmad Yani Semarang, setidaknya Anda harus menempuh waktu 2,5 hingga 3 jam untuk menuju Benteng Portugis, melewati Pantai Bandengan. Ya, jarak tempuhnya sekitar 100 km dari Semarang karena lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Pati bagian utara.

Biaya tiket masuk
Biaya tiket masuk lokasi wisata Benteng Portugis cukup murah. Berikut ini informasinya.

  • Senin-Jumat: Dewasa (Rp 2500) - Anak (Rp 1500)
  • Sabtu, Minggu dan Libur: Dewasa (Rp 3500) - Anak (Rp 2.000)
  • Event khusus atau Syawalan: Dewasa (Rp 8 ribu) - Anak (Rp 7 ribu)


Untuk biaya karcis parkir kendaraan, sepeda motor Rp 1.000, mobil Rp 3 ribu, mini bus Rp 5.500, Bus besar Rp 12.500 dan penggunaan fasilitas toilet Rp 1.000.

Kami menjelajah mulai dari pagi menjelang siang dan pulang sebelum matahari terbenam (sunset). Sepertinya objek wisata Benteng Portugis Jepara layak menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia atau destinasi liburan Anda bersama keluarga. Reportase ini bisa menjadi referensi, acuan atau semacam tourism information center bagi Anda sebelum benar-benar memutuskan berangkat berlibur.

Baca juga: Liburan Bersama Keluarga di Pantai Banyutowo Pati, Kampung Soimah Pancawati

1 Response to "Jelajah Wisata Benteng Portugis di Jepara-Pati"