5 Tips Memilih & Membeli Batu Akik Asli

5 Tips Memilih & Membeli Batu Akik Asli
Tips memilih membeli batu akik asli dengan mudah, baik, dan benar ini berawal dari kegelisahan para pencinta batu cincin akik pemula yang risau apakah cincin akik yang ia beli asli atau palsu? Ada juga yang terlanjur membeli melalui situs jual beli online ternyata tidak sesuai harapan.

Untuk itu, Direktoripati.Com mencoba merangkum artikel tentang tips cara memilih dan membeli batu cincin akik yang asli, bukan palsu dari berbagai sumber, termasuk wawancara dari para pelaku dan pencinta akik Indonesia. Berikut tipsnya.

Tips batu akik asli pertama, bawa senter kecil yang memiliki kekuatan cahaya besar dan terang (jangan redup). Batu cincin akik yang asli saat disenter akan tembus cahaya, bening dan jernih sekali, serta terdapat serat-serat halus alami. Kalau seratnya tidak nampak alami dan seperti buatan, patut dicurigai.

Tips memilih batu akik kedua, tempelkan batu akik ke pipi Anda. Jika rasanya dingin dan mak nyes, bisa dipastikan batu cincin akik tersebut asli. Apabila terasa biasa seperti suhu ruangan atau malah hangat, sebaiknya berpikir dua kali karena besar kemungkinan batu akik palsu.

Tips membeli batu akik ketiga, coba teteskan setetes air yang sangat sedikit hati-hati dan perlahan-lahan pada permukaan batu mulia akik. Setetes bulatan kecil saja. Kalau tetesan air tersebut menetap, besar kemungkinan adalah batu cincin mulia asli.

Cara memilih batu akik keempat, coba bandingkan dengan akik murahan yang mungkin Anda beli di pasaran seharga Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu, jika beratnya sama bisa dipastikan batu akik tersebut palsu maka jangan dibeli. Pasalnya, batu akik asli terasa lebih berat dan berbobot.

Cara membeli batu akik kelima, sabar, teliti dan cari informasi terlebih dahulu sebelum membeli, misalnya tentang warna, kualitas, dan harga batu bacan, safir, sulaiman, merah delima, anggur, dan macam-macam batu mulia lainnya. Kalau tidak tahu kualitas dan harga di pasaran, bisa dipastikan Anda kecewa di belakangan jika ternyata lebih mahal atau malah tertipu karena kualitasnya tidak sesuai yang diharapkan.

Dan terakhir, jangan lupa untuk membawa teman yang sudah senior, ahli atau pakar akik. Memberinya uang tip atau traktir senilai Rp 100 ribu kepada teman tidak masalah, ketimbang kita beli batu akik senilai jutaan rupiah ternyata tertipu atau kecewa berat.

Baca juga: 4 Macam Batu Akik Termahal, Anda Pemiliknya?

Atau, kalau Anda ingin membeli batu cincin akik asli di situs jual beli online seperti Olx.co.id, Tokopedia.com, Elevenia.co.id, Telunjuk.com, Weshop.co.id, Bukalapak.com, atau situs Ebay, disarankan penjual yang sudah terverifikasi, data alamat lengkap, dan lebih baik lagi ketemuan atau COD. Ini penting dan perlu diperhatikan dalam jual beli batu akik online.

Demikian 5 tips trik panduan memilih dan membeli batu akik asli dengan mudah, gampang dan tidak ribet. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Tips Memilih & Membeli Batu Akik Asli"

Post a Comment