Wow, Soimah Pancawati Ternyata Cucu Roro Mendut

Direktoripati.com - Soimah Pancawati ternyata cucu dari tokoh perempuan legendaris asal Pati yang bernama Roro Mendut. Benarkah demikian? Simak ulasannya.

Awalnya, Rumah Nusantara dan Forum Muda Cendekia Jawa Tengah menggelar diskusi sejarah terbatas di Semarang, Sabtu (14/2). Diskusi ini membahas seputar sejarah Nusantara, khususnya Kota Pati.

Wow, Soimah Pancawati Ternyata Cucu Roro Mendut
Foto Soimah Pesinden Republik Indonesia.
Sumber: Fanpage resmi Soimah Pancawati
Salah satu penggalan sejarah yang dikupas, antara lain seputar fakta kebenaran Babad Pati dan para tokoh Pati pada masa silam, mulai Sunan Ngerang, wasis Jayakusumo, Adipati Pragola kedua, dan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah Mataram hingga sampai pada cerita Roro Mendut.

"Mbak Soimah Pancawati itu cucu dari Roro Mendut, loh," ujar Lismanto, peserta diskusi yang turut menggawangi Rumah Nusantara. Sontak, kalimat ini menjadi pertanyaan besar: Apa benar? Faktanya apa?

Lismanto menuturkan, saya pernah nonton Soimah dalam program acara salah satu televisi swasta dan katanya ia pernah ditawar senilai Rp 1 milyar untuk kencan bersama seorang tokoh elite yang kaya raya, tetapi ia tolak.

Hal ini mengingatkan saya pada kisah tentang perempuan asal Pati bernama Roro Mendut yang sama sekali tidak tergoda oleh harta dan kekuasaan saat dipinang oleh salah seorang pejabat elite setingkat panglima TNI (red: waktu itu senopati atau panglima perang). Roro Mendut memilih untuk mencintai Pronocitro, pria dari kalangan rakyat biasa, meski akhirnya berakhir tragis.

"Perempuan modern saat ini wajib mencontoh dan meneladani secara positif kisah Roro Mendut, betapa perempuan itu memiliki harga diri, mandiri, dan tidak terbeli. Ini sepertinya sudah ditiru sama Mbak Soimah," imbuh Lismanto.

Peserta diskusi lain juga menambahkan. "Soimah itu kan dari Pati. Sama halnya Roro Mendut yang juga wanita asal Pati. Keduanya berasal dari tempat yang sama dan punya prinsip serupa," tutur Hamidulloh Ibda, Ketua Forum Muda Cendekia Jawa Tengah yang juga berasal dari Kecamatan Dukuhseti, di mana Soimah lahir dan dibesarkan.

Baca juga: Roro Mendut, Perempuan Legendaris Asal Pati

Dari berbagai diskusi tersebut, akhirnya muncul statement parodi: Wow, ternyata Soimah adalah cucu dari Roro Mendut. "Cucu yang dimaksud belum tentu hubungan darah, hubungan lokal-kedaerahan dan prinsip juga bisa dikatakan cucu atau bahasa Jawanya, putu," tambah Lismanto.

0 Response to "Wow, Soimah Pancawati Ternyata Cucu Roro Mendut"

Post a Comment