Profil Biodata Lengkap Soimah Pancawati, Artis Top Asli Pati

Soimah Pancawati. Demikian nama artis yang menamakan dirinya "Pesinden Republik Indonesia" yang belakangan diketahui sebagai guru aksi panggung (stage act coach) untuk 35 peserta kontes dangdut academy sesi kedua atau lebih dikenal D'Academy 2 di Indosiar. Simak profil dan biodata lengkap Soimah, artis kondang asli Pati.

Profil Biodata Soimah Pancawati, Artis Top Asli Pati
Soimah Pancawati Pesinden Republik Indonesia
Soimah kecil
Masa kecil Soimah dihabiskan di sebuah desa kecil di pesisir utara Jawa yang dikenal sangat ndeso alias kampungan. Meski begitu, sudah menjadi rahasia umum jika di wilayah ini memang perempuannya ayu-ayu atau cantik jelita, sebagaimana Soimah Pancawati.

Dibesarkan di Desa Banyutowo, sebuah kampung di dekat daerah pantai kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Soimah tumbuh berkembang menjadi perempuan lincah, enerjik, dan menyukai hal-hal yang berbau seni dan budaya. Di daerah inilah Soimah ditempa menjadi pribadi yang baik, sebelum akhirnya terdampar di negeri Yogyakarta.

Seputar Banyutowo
Banyutowo adalah desa kecil di Kecamatan Dukuhseti, Pati bagian utara berdekatan dengan Jepara, di mana namanya diambil dari kata "banyu" yang artinya air dan "towo" yang berarti hambar. Daerah ini dinamakan Banyutowo (air hambar) mengingat di daerah pantai yang umumnya airnya asin, tetapi di sini rasa airnya tawar sendiri. Begitulah asal usul nama daerah kelahiran Soimah Pancawati.

Di sini pula, dikenal sebagai penghasil perempuan cantik yang merupakan persilangan (blasteran) antara Jawa, Portugis, dan China. Mengingat daerah ini dulu menjadi arena perdagangan bagi para saudagar dan pendatang dari negeri asing, seperti China dan Portugis, itulah sebabnya banyak penduduk pribumi akhirnya menikah dengan orang asing.

Kenapa redaksi Direktoripati.com menyebutnya sebagai artis kondang? Kondang berarti hebat, terkenal atau  tersohor mengingat Soimah memiliki segudang talenta di bidang hiburan (entertainment).

Nama panggilan akrab Soimah adalah Imah. Nama ini pemberian dari Mbah Modin yang dituakan di desanya. Bakat artis mulai dipupuk saat di kampungnya yang seringkali menyelenggarakan sedekah laut yang disertai dengan acara kesenian Jawa, misalnya ketoprak dan gambus.

Foto Soimah bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Profil dan biodata lengkap Soimah Pancawati
  • Nama lengkap: Soimah Pancawati
  • Nama akrab sapaan: Imah
  • Tempat, tanggal lahir: Pati, 29 September 1980
  • Suami: Herwan Prandoko (menikah pada 2002)
  • Nama anak: Diksa Naja Naekonang, Aksa Uyun Dananjaya
  • Ayah Soimah: Hadinarko (almarhum)
  • Ibu Soimah: Kasmiyati (almarhum)
  • Nama saudara: Solihati (kakak perempuan), Solihin ( kakak laki-laki), Sofiah (kakak wanita), Sofiatun (kakak wanita), Nur Laila (adik perempuan), dan Sinta Fitriani (adik wanita)
  • Populer sejak: penyanyi latar program Seger ANTV
  • Acara-acara TV: @Show Imah (Trans TV), Yuk Kita Sahur (Trans TV), Yuk Keep Smile (Trans TV), Lenong Rempong (Trans TV), Comedy Project (Trans TV), Sedap Malam (ANTV), Indonesia Mencari Bakat (Trans TV), Sahurnya Ramadan (Trans TV), Ngabuburit (Trans TV).
  • Acara TV sekarang: Dangdut Academy (D'Academy 2) Indosiar
  • Lagu: Pelet Cinta (2014)
  • Iklan: Alangsari Plus, Indosat, Sarimi Isi 2, Sosis So Nice, Antangin JRG, Homy Ped, Bonita Sprei, Pil Kita Tenaga-X
  • Penghargaan: Nominasi Presenter Talkshow hiburan Panasonic Gobel Awards (2013), nominasi pasangan paling romantis YKS Romantic Award (2014), dan nominasi presenter program hiburan televisi Panasonic Gobel Awads (2014).

Baca juga: Wow, Artis Soimah Pancawati Ternyata Cucu Roro Mendut

Demikian profil dan biodata lengkap Soimah Pancawati, artis top dari Pati Jawa Tengah. Orang-orang Pati memanggilnya "Mbak Imah." (Okt. Devi/ Sumber Foto-foto: Fanpage resmi Soimah Pancawati www.facebook.com/pages/Soimah-Pancawati/103961707268)

0 Response to "Profil Biodata Lengkap Soimah Pancawati, Artis Top Asli Pati"

Post a Comment