Perayaan Imlek di Pati dan Kerukunan Lintas Agama

Kota, Direktoripati.com - Kerukunan antarumat beragama terpupuk dalam perayaan imlek di Pati yang berlangsung hingga Kamis (19/2) mendatang. Tak hanya kegiatan yang berbau tradisi China-Tionghoa, perayaan yang menyambut pergantian musim ini juga menggelar pengajian akbar yang selama ini identik menjadi bagian dari budaya umat Islam.

"Tahun baru Imlek bukanlah sebuah gejala agama, melainkan sebuah fenomena budaya yang mesti disambut oleh seluruh elemen masyarakat," tutur Edi Siswanto, Ketua Asosiasi Klenteng Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Secara berturut-turut, perayaan imlek yang berpusat di Klenteng Hok Tik Bio, kawasan Pecinan, dan Simpang Lima Pati ini akan menggelar rangkaian acara untuk kemeriahan imlek, antara lain pasar imlek yang berlangsung selama dua minggu dengan berbagai kemeriahan acara seperti barongsai dan tari naga, kirab budaya pada Minggu (15/2) siang mendatang, lomba mewarnai lambang negara burung garuda untuk anak TK pada Minggu (15/2) pagi, serta pengajian akbar pada Kamis (19/2) malam di Alun Alun Simpang Lima.

Perayaan Imlek di Pati dan Kerukunan Lintas Agama
Selain itu, perayaan imlek juga menghadirkan ragam hiburan budaya seperti kesenian panggung tradisional, ketoprak Laras Budoyo yang akan mengambil tema cerita "Sudiro" yang artinya (Sang Pemberani).

Tak pelak, suasana imlek di Pati berlangsung meriah dan menjadi momentum budaya warga Pati bersama, tanpa mengenal identitas agama. Hal inilah yang menjadi bukti kerukunan umat lintas agama-kepercayaan di Pati bumi mina tani ini.

"Fenomena perayaan imlek di Pati yang menyatukan manusia antarumat beragama dalam satu bendera bernama budaya, setidaknya memberikan oase yang menyegarkan di tengah ragam konflik berbasis agama dan kepercayaan yang melanda di Jawa Tengah dalam beberapa tahun terakhir ini," ujar Lismanto, peminat kajian Nusantara saat diwawancara via telepon, Minggu (8/2).

"Selamat merayakan implek bagi saudara-saudaraku semua yang merayakan. Tidak ada kata minoritas bagi kita. Saling menghormati dan jaga kerukunan umat beragama agar hidup lebih indah," kata Wakil Bupati Pati M Budiyono.

Baca juga berita terkini seputar perayaan imlek: Meriahnya Suasana Pasar Imlek di Pati Jawa Tengah

0 Response to "Perayaan Imlek di Pati dan Kerukunan Lintas Agama"

Post a Comment