Pelatihan Blog di Bustanum Ulum Disambut Antusias

Wedarijaksa, Direktoripati.com - Dalam rangka membekali life skill siswa di bidang teknologi informasi, khususnya dunia blogging, Perguruan Islam (PI) Bustanul Ulum menggelar pelatihan membuat blog di Laboratorium Komputer Sekolah, Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, Kamis (12/2/2015) sore.

"Arus teknologi informasi semakin deras. Hampir semua informasi bisa diakses hanya dalam satu klik. Oleh karena itu, kami mencoba untuk menjembatani siswa agar mahir dengan blog. Dengan demikian, mereka bukan saja menjadi bagian dari dunia maya yang sekadar mengakses atau membaca informasi, tetapi juga penyedia informasi," ujar Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan (Wakasis) MTs Bustanum Ulum Iksan Sunaryo.

Pelatihan Blog di Bustanum Ulum Disambut Antusias
"Kalau siswa sudah bisa ngeblog, kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjadi kontributor di situs Bustanul Ulum.," imbuhnya.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 jam tersebut menghadirkan pemilik media Karesidenan.com Faqih Hilal, blogger Abdul Khusno, dan penulis Lismanto.

"Pertama, kami mengenalkan apa itu blog dan apa manfaat dari aktivitas ngeblog. Selanjutnya, masing-masing peserta pelatihan yang menghadap komputer langsung praktik membuat blog," ujar Faqih Hilal.

"Peserta yang belum memiliki akun Google, langsung diarahkan untuk membuat Gmail yang selanjutnya bisa digunakan untuk membuat blog berplatform blogspot. Beberapa peserta yang berminat menjadi kontributor situs Hisbucom langsung diintegrasikan dengan admin untuk menjadi penulis," paparnya.

Sementara itu, Lismanto menjelaskan bahwa dunia blog tidak lepas dengan aktivitas menulis. Menulis bisa disalurkan ke dalam beberapa wadah, seperti koran, majalah atau blog. "Untuk menjadi penulis handal, pertama yang harus kita lakukan adalah mencintai dan menyukai dunia tulis-menulis. Kalau sudah suka, selanjutnya rajin berlatih menulis dan coba kirim ke media. Kalau tidak dimuat, blog bisa menjadi solusi," tutur Lismanto.

"Bahkan, blog bisa menjadi teman saat ingin mencurahkan segala sesuatu yang ada di pikiran kita. Misalkan ingin berbagi tips menjadi cantik, tips berwisata, atau sekadar coretan hasil traveling, dan lain sebagainya. Pada level yang lebih tinggi, blog bisa menjadi sarana mencetak uang, misalnya bisnis online," kata Lismanto menjelaskan.

Seluruh peserta nampak menyimak dan sangat antuasias. "Kami senang bisa ikut pelatihan blog. Semoga ke depan ada pelatihan lagi untuk meningkatkan skill di bidang teknologi informasi," komentar Erika, salah satu siswa yang mengikuti pelatihan blog dengan antusias.

Baca juga: Perayaan Imlek di Pati Jawa Tengah Adakan Pengajian Akbar

0 Response to "Pelatihan Blog di Bustanum Ulum Disambut Antusias"

Post a Comment