Pasar Imlek Pati Bumi Mina Tani Berlangsung Meriah

Kota, Direktoripati.com - Pasar Imlek Pati Bumi Mina Tani berlangsung meriah di Klenteng Sok Tik Bio kawasan Pecinan, Minggu (8/2/2015). Perayaan tahun baru China 2566 ini akan berakhir pada 19 Februari 2015 mendatang.

Seolah seperti pasar Imlek Semawis yang sudah menjadi tradisi di Semarang, Pasar Imlek Pati Bumi Mina Tani yang mengambil tema "Menyapa Bangsa di Taman Hati" ini disambut meriah warga Pati lintas generasi, lintas kepercayaan dan iman.

Pasar Imlek Pati Bumi Mina Tani Berlangsung Meriah
Kegembiraan menyambut tahun baru China kali ini bukan hanya dirasakan oleh warga China-Tionghoa yang tinggal di Pati, tetapi juga warga Pati pada umumnya.

"Pasar Imlek untuk menyambut perayaan tahun baru di Pati merupakan fenomena budaya, bukan soal kepercayaan atau agama, sehingga kegembiraan ini bisa disambut oleh masyarakat Pati seluruhnya," ujar Ketua Asosiasi Klenteng Kabupaten Pati Edi Siswanto.

Bahkan, puncak acara pada 19 Februari mendatang, perayaan ini juga menggelar pengajian umum di Alun-Alun Simpang Lima Pati. Hal ini mempertegas betapa perayaan hari raya imlek di Pati dipenuhi dengan kegembiraan bersama seluruh elemen masyarakat untuk menyambut pergantian musim dingin ke musim semi yang sudah menjadi tradisi dan budaya suku Tionghoa.

Baca juga: Perayaan Imlek di Pati Menjadi Momentum Kerukunan Umat Beragama

Ekspo
Selain kegiatan terkait dengan perayaan, seperti tari naga oleh sejumlah pelajar yang berlangsung di depan di Klenteng Sok Tik Bio dan barongsai, pasar imlek dimeriahkan dengan hadirnya beragam ekspo dari berbagai produk, misalnya gadget, smartphone, sepeda, motor berbagai merek, hingga mobil.

Wah, meriah sekali bukan? Setelah kita parkir di depan gerbang yang bertuliskan "Pasar Imlek Pati Bumi Mina Tani", pengunjung disambut oleh puluhan stand, mulai dari gadget berbasis android, sepeda motor (Honda, Yamaha, Suzuki), hingga mobil Toyota Agya.

Sontak, kawasan Pecinan Pati yang penuh dengan warna merah dan kuning menjadi lautan manusia yang menyaksikan kemeriahan pasar imlek.

0 Response to "Pasar Imlek Pati Bumi Mina Tani Berlangsung Meriah"

Post a Comment