Musim Duren Tiba, Harga Durian di Pati Anjlok

Wedarijaksa, Direktoripati.Com - Musim duren tiba, harga durian di Pati anjlok. Untuk durian madu dihargai Rp 12.500 per biji. Sementara itu, duren biasa dipatok dengan Rp 10 ribu per buah.

Anjloknya harga durian di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, disebabkan banyaknya pasokan duren. Melimpahnya buah duren tak bisa dimungkiri mengingat musim buah durian telah tiba. Harga duren yang biasanya dipatok dengan harga Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu, kini turun drastis.

Musim Duren Tiba, Harga Durian di Pati Anjlok
"Saya pernah menjual 13 buah durian kepada penjual buah yang dihargai Rp 350 ribu. Setelah musim duren tiba, 9 buah durian saya cuma dihargai Rp 125 ribu. Maklum, saya punya pohon duren di rumah. Jadi kalau sudah kuwalahan makan, saya bagi ke tetangga dan sisanya saya jual," ujar Pak Imam, warga kecamatan Cluwak, Selasa (17/2).

Di Kabupaten Pati sendiri, pusat atau sentra penghasil durian terbesar ada di sejumlah daerah seperti Kecamatan Cluwak, Gunungwungkal, Tlogowungu, dan Gembong. Menurut data yang dihimpun Direktoripati.Com, produksi durian di Kabupaten Pati mencapai 11,6 ton setiap musim duren tiba yang diambil dari 30 ribuan batang pohon.

Saat musim durian tiba, penjual buah banyak yang menjajakan duren di sepanjang jalan raya seperti Jalan Raya Pati-Tayu, pasar tradisional, hingga toko buah. Meski harganya anjlok, tetapi harga buah durian yang berukuran besar, ranum, dan benar-benar matang berkualitas, masih dibanderol dengan harga standar, yaitu antara Rp 40 ribu hingga Rp 65 ribu per buah.

Baca juga berita terbaru seputar Pasar Tayu: Kondisi Pasar Tayu Pati Jateng Ditutup untuk Penyelidikan Setelah Kebakaran

0 Response to "Musim Duren Tiba, Harga Durian di Pati Anjlok"

Post a Comment