Jelajah Wisata di Pantai Banyutowo

Ada banyak nama banyutowo di Indonesia, misalnya di Wonogiri, Kendal, dan Pati Jawa Tengah. Mereka, baik yang di Kendal, Wonogiri maupun Pati, di kenal dengan daerahnya yang eksotis dan menyimpan sejuta potensi wisata alam.

Namun, jelajah wisata di Pantai Banyutowo yang kami maksud adalah sebuah desa kecil yang terletak di pesisir utara pantai Jawa, yaitu Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jateng, tempat di mana Soimah Pancawati dibesarkan, sebelum akhirnya merantau ke Yogyakarta dan sekarang menjadi artis ibu kota.
Jelajah Wisata di Pantai Banyutowo
Suasana Pantai Banyutowo di sore hari. Fotografer: Lismanto
Kami dari tim wisata alam Direktoripati.com menggelar serangkaian liputan khusus (lipsus) obyek wisata di kawasan Pati bagian utara bertema "Ekspedisi Banyutowo" yang berlangsung selama dua hari, Minggu-Senin (16-17 Februari 2015), pasca perayaan Valentine bagi anak muda berlangsung pada 14 Februari kemarin.

Wisata pantai Banyutowo
Di daerah ini, Direktoripati.com menjumpai sejumlah kultur, budaya, hingga pesona alam yang cukup indah dan berpotensi dijadikan sebagai objek wisata alam. Dari jalan utama Tayu-Dukuhseti atau Jalan Dukuhseti-Puncel, kanan jalan ada sebuah jalan menuju tempat pelelangan ikan (TPI) Banyutowo di mana pada bagian pantai dijadikan ajang untuk wisata alternatif.

Sebetulnya, pantai ini dijadikan sebagai tempat para nelayan untuk berlabuh. Seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk berwisata (tourism), maka Pantai Banyutowo seringkali dijadikan wahana bagi warga, termasuk muda-mudi yang tengah kencan, untuk menikmati matahari terbit (sunrice) di pagi hari dan matahari terbenam (sunset) di sore hari.

Sayangnya, kita tidak akan bisa menjumpai matahari terbenam (sunset) di garis cakrawala laut utara mengingat matahari terbenam di kawasan barat atau pegunungan (sekitar Jepara), sedangkan pantai berada di sebelah timur. Meski begitu, pengunjung (tourist) bisa menyaksikan keindahan pantulan cahaya matahari di sekitar pantai, melihat para nelayan sibuk mencari ikan, para mancing mania yang asyik menunggu ikan menyangkut di kailnya, dan jajaran perahu-perahu kecil yang disandarkan di tepian pantai.
Jelajah Wisata di Pantai Banyutowo
Suasana Pantai Banyutowo, Dukuhseti, Pati pagi hari. Foto: Lismanto
Wah... Sungguh Pantai Banyutowo menyimpan sejuta kisah dan cerita. Perpaduan obyek wisata alam berupa pantai dan kultur masyarakat Banyutowo dan penduduk sekitar Dukuhseti (misalnya nelayan dari Alasdowo) berpadu menjadi satu menghasilkan kolaborasi view yang menawan.

Meski pengunjung tidak bisa berenang di laut karena pasirnya hitam, bukan pasir putih sebagaimana di Pantai Kuta atau Pantai Bandengan, serta menyangkut keselamatan, tetapi traveler bisa melihat keindahan pesona alam Pantai Banyutowo. Tak ayal, sejumlah fotografer hadir di sini untuk mengabadikan momen dan mencari foto-foto alam terbaik.

Tim Ekspedisi Banyutowo Direktoripati.com mengunjungi pantai ini sebanyak dua kali. Pertama, untuk menikmati keindahan pantai di sore hari, menjelang magrib. Kedua, menyaksikan matahari terbit (sunrice) di garis cakrawala pantai. Sungguh indah. Yuk, jelajah wisata di Pantai Banyutowo!

Baca juga: Waduk Seloromo, Wisata Danau di Pati yang Memukau

0 Response to "Jelajah Wisata di Pantai Banyutowo"

Post a Comment