Hikmah Jodha Akbar Hari Ini, Mengenal Tuhan Lebih Dekat

Tayangan Jodha Akbar episode hari ini mengajarkan sejuta hikmah untuk mengenal Tuhan lebih dekat. Ditayangkan di ANTV, Sabtu (21/2), nyawa Raja Jalaluddin Akbar di ujung tanduk. Sementara itu, Ratu Ruqaiya, Salima, dan Ratu Jodha berada di dalam posisi terdesak, kalah, dan digempur oleh pasukan musuh yang kekuatannya luar biasa.

Putus asa. Begitu perasaan para ratu Mughal di kamp pengungsian. Namun, Ratu Jodha membangkitkan semangat para perempuan, termasuk para Ratu untuk kembali bangkit dan melawan.

Foto/Poster Jodha Akbar Raja Jalal dan Ratu Jodha (Zeetvme.com)
Ratu Jodha mengingatkan pada kisah tentang kepahlawanan RA Kartini tentang emansipasi wanita bahwa kaum wanita bukanlah lemah dan gampang menyarah. Dari rahim perempuan, generasi dilahirkan. Dari wanita, seorang laki-laki menancapkan kejayaannya.

Setelah Ratu Jodha berhasil membuat para ratu yakin dan membangkitkan semangat perempuan yang tersisa dari pemberontakan Abul Mali, akhirnya mereka dengan segenap kekuatannya melawan dan berperang. Ada cairan racun, bumbu-bumbu, pedang, dan panah. Semangat membara para ratu Mughal dan pasukannya akhirnya bisa memukul mundul pasukan Abul Mali.

Jodha Akbar bukan sekadar cerita yang ada di tayangan televisi Zee TV atau ANTV, tetapi juga kisah sejarah nyata pada zaman sekitar 1560 an agar dikenang dan menjadi pembelajaran bagi generasi berikutnya. Keteguhan, keyakinan, dan keberanian Ratu Jodha Bai menggambarkan bahwa perempuan dari zaman ke zaman bukanlah makhluk yang lemah yang harus selalu berada di dalam perlindungan laki-laki.

Pada level tertentu, perempuan bisa mandiri dan adidaya, serta menjadi sumber kekuatan inti bagi kekuatan laki-laki. Ini hikmah dari kisah keberanian Ratu Jodha dan pasukannya melawan pemberontakan Abul Mali.

Baca juga: Kisah Cerita Shakuntala di ANTV hingga Sejarah Nyata

Mengenal Tuhan lebih dekat
Satu nilai penting dari segi filosofis dari tayangan Jodha Akbar ANTV. Pada puncaknya, serial televisi yang diputar setiap sore ini mengajarkan tentang tawakal dan keberserahan diri seorang manusia sebagai hamba kepada Tuhan sebagai penciptanya.

Dalam suatu adegan, Abul Mali mengatakan bisa saja menghabisi nyawa Raja Jalaludin Akbar. Namun, dalam posisi tergelantung tangan terikat rantai di atas dan berlumuran darah, Raja Jalal masih tetap tegar dan mengatakan: "Memangnya kau siapa ingin membunuh saya?"

"Yang berhak mengambil nyawa seseorang adalah Tuhan Yang Maha Kuasa," begitu setidaknya jawaban Raja Jalal. Coba Anda bayangkan, saat Anda diminta untuk tunduk kepada musuh atau memilih mati, apa yang terbesit di benak Anda? Pasti memilih tunduk ketimbang meninggal dalam sabetan pedang.

Tapi tidak bagi Raja Jalal. Ia percaya kepada kekuasaan Allah. Ia berserah diri dan percaya seutuhnya bahwa hanya Allah yang berhak atas segala sesuatu. Inilah nilai tauhid yang sesungguhnya. Inilah Islam yang sebenarnya.

Jalaluddin Akbar sebagai Raja Mughal mengajarkan kepada kita dan generasi selanjutnya tentang apa itu Tuhan dan bagaimana cara kita mengenal lebih dekat dengan Tuhan. Cuplikan episode Jodha Akbar hari ini perlu menjadi teladan dan panutan.

Baca juga: Cerita Jodha Akbar, Kisah dari TV hingga Sejarah Taj Mahal

0 Response to "Hikmah Jodha Akbar Hari Ini, Mengenal Tuhan Lebih Dekat"

Post a Comment