Ganjar Pranowo Jadi Guru di SMAN 1 Pati

Kota, Direktoripati.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi guru di SMA Negeri 1 Pati untuk beberapa jam saja, Rabu (4/2/2015). Kegiatan mengajar Ganjar di sekolah menengah atas paling favorit di Pati merupakan salah satu rangkaian agenda roadshow gubernur Jateng, setelah sebelumnya membuka rapat koordinasi pelaksanaan APBD tahun anggaran 2015 bertajuk "Kemandirian Industri dan Perdagangan Menuju Masyarakat Jawa Tengah yang Berdikari dan Sejahtera."

Ganjar Pranowo Jadi Guru di SMAN 1 Pati
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajar. Foto: Agus Armanto
Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut disambut meriah oleh guru dan murid SMAN 1 Pati. "Ini pertama kalinya Bapak Ganjar mengajar di SMAN 1. Ada sekitar 400 siswa-siswi kelas XII yang mengikuti Pak Ganjar mengajar," ujar Kepala SMA Negeri 1 Pati Sumaryo.

Ia berharap dengan adanya tokoh yang mengajar di sekolahnya bisa mendapatkan pengalaman kehidupan secara nyata, sehingga korelasi antara teori yang selama ini didapatkan di sekolah dengan pengetahuan pengalaman lapangan bisa diperoleh oleh siswa-siswi.

Ganjar sendiri memberikan semangat motivasi kepada para murid. Beberapa di antaranya semangat kepemimpinan (leadership) diajarkan kepada siswa. "Di sekolah, kita menimba ilmu pengetahuan. Berbicara soal keahlian harus banyak berlatih. Sementara bicara soal kepemimpinan bisa dilihat dan diuji melalui indikasi," ujar Ganjar kepada siswa-siswi Smansa Pati.

Selain itu, Ganjar memancing nalar kritis siswa untuk mencoba berpendapat seputar problem yang tengah berkecamuk di republik Indonesia ini, misalnya masalah perseteruan KPK dan Polri yang menjadi isu populer saat ini. Murid yang berani berargumen mendapatkan apresiasi dan hadiah berupa buku dan kamus bahasa Indonesia-Inggris.

Dalam momentum yang tak lebih dari satu jam tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjadi guru sejenak. Selanjutnya, ia beserta dengan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Blora melalui rute Kota Pati, kecamatan Juwana, Todanan, Ngawen, Blora. Sontak, aktivitas Ganjar di SMAN 1 menjadi berita terhangat dan terpopuler di Pati hari ini. (Oktavia Devi P)

0 Response to "Ganjar Pranowo Jadi Guru di SMAN 1 Pati"

Post a Comment