Cerita Lengkap Tentang Shakuntala di ANTV

Shakuntala adalah cerita tentang leluhur dinasti Kuru yang melahirkan kisah Mahabharata, yaitu Pandawa dan Kurawa. Shakuntala sendiri adalah seorang gadis cantik dan rupawan yang merupakan anak dari bidadari yang dibuang dan ditemukan burung Sakuni, lalu dirawat oleh Bagawan Kanwa. Dalam serial televisi di ANTV di mana saluran asli dari India bernama Star One, Dewi Sakuntala diperankan oleh Neha Mehta.

Cerita Lengkap Tentang Shakuntala di ANTV
Sumber foto/gambar/poster Shakuntala: ©ANTV
Berikut ini adalah cerita lengkap tentang Shakuntala yang belakangan ini menjadi serial televisi terlaris dan mendapatkan rating tinggi beberapa sesaat setelah penayangannya di ANTV, di bawah rating serial Jodha Akbar, Dangdut Academy 2, 7 Manusia Harimau. Informasi lengkap mengenai film Jodha Akbar ANTV dan sejarah aslinya, baca juga: Jodha Akbar, Cerita dari ANTV hingga Taj Mahal

Shakuntala itu siapa? Shakuntala itu apa? Shakuntala bercerita tentang apa? Begitu pertanyaan dari pembaca setia kami yang dikirim melalui email. Untuk itu, kami tim redaksi Entertainment Direktoripati.Com akan membedah dan kupas tuntas tentang cerita Shakuntala yang disiarkan stasiun televisi ANTV.

Cerita Shakuntala
Kisah Shakuntala dimulai dari seorang raja yang pergi bertapa bernama Wiswamitra. Kemudian Dewa Indra menguji keteguhan Wiswamitra dengan mengutus seorang bidadari cantik, datang, dan menggoda.

Akhirnya, sang raja tidak kuasa akhirnya mereka bercinta dan melahirkan seorang bayi perempuan yang dibuang di sungai. Kelak, bayi ini dikenal sebagai Shakuntala.

Asal mula nama Shakuntala diambil dari nama burung Sakuni yang menemukan dan merawat bayi bidadari tersebut yang pada akhirnya diambil dan dirawat oleh Bagawan Kanwa (dalam serial TV Star One dan ANTV dikenal dengan Sage Kanva). Itulah asal usul nama Shakuntala.

Hari demi hari, tahun demi tahun, Sakuntala tumbuh dewasa dan menjadi perempuan cantik jelita. Suatu ketika, Prabu Duswanta (di ANTV dan Star One namanya Raja Dushyant), pergi berburu di kaki pegunungan Himawan dan akhirnya bertemu dengan Shakuntala.

Mereka akhirnya menikah dan hamil. Shakuntala memberikan syarat kepada Raja Dushyant bahwa kelak anaknya harus dijadikan sebagai pangeran mahkota dan menjadi raja. Selanjutnya, Raja Dushyant pergi ke kerajaan untuk melaksanakan kewajiban memimpin negerinya, sementara Sakuntala ditinggal.

Anak Shakuntala lahir dan diberi nama Sarwadamana. Dari anak yang memiliki tanda lahir cakra di telapak tangannya inilah dinasti Bharata tiba di muka bumi.

Baca juga: Nama-nama Artis Pemeran Serial Shakuntala ANTV

Bharata, leluhur Pandawa dan Kurawa
silsilah shakuntala leluhur pandawa kurawa
Silsilah Shakuntala hingga Pandawa-Korawa. Sumber: Wikipedia
Perwakinan antara Raja Dushyant dan Shakuntala melahirkan Sarwadamana. Mulanya, Sakuntala dan anaknya tidak diakui ayahnya sendiri karena lama tidak bertemu dan Raja Dushyant malu menerima kenyataan bahwa ia sudah menikah dan memiliki seorang putera.

Akhirnya langit pun bicara. Sabda langit yang disaksikan orang-orang istana mengatakan bahwa Sakuntala adalah istri Raja Dushyant dan Sarwadamana adalah anaknya.

Dari sini, Raja Dushyant akhirnya mengakui dan kelak nama anaknya diganti Bharata yang artinya, setidaknya, bermakna sabda dari langit. Dalam Bharatayuda, Bharata diartikan sebagai para dewa.

Dari Bharata, muncul dinasti Kuru yang menjadi titik dari kisah Mahabharata. Itulah kenapa cerita dan kisah tentang Shakuntala dianggap sebagai leluhur dan nenek moyang dari Pandawa dan Korawa karena dari garis Sakuntala garis bidadari inilah kisah Mahabharata muncul.

Sejarah dan riwayat asli Shakuntala disinggung dalam kitab Adiparwa. Adapun silsilah Shakuntala dari awal hingga menurunkan orang-orang besar dalam kisah Mahabharata bisa dilihat di atas.

Jadwal tayang Shakuntala di ANTV
Serial film Sakuntala tayang di ANTV pada pukul 20.00 WIB atau jam 8 malam, sesudah serial televisi Navya, dan sebelum Jodha Akbar. Jadwal lengkap tayangan ANTV adalah sebagai berikut.
  • Navya: jam 19.00 WIB
  • Shakuntala: pukul 20.00 WIB
  • Jodha Akbar: jam 20.30 WIB
  • King Suleiman (Abad Kejayaan): pukul 22.00 WIB
  • Mahadewa: jam 23.00 WIB
  • Rahwana: pukul 24.00 atau jam 12 malam

0 Response to "Cerita Lengkap Tentang Shakuntala di ANTV"

Post a Comment