Batu Merah Delima Asli dan Harganya, Cek!

Batu merah delima. Begitu sebutan batu mulia yang saat ini digemari dan populer untuk dibuat cincin akik. Sayangnya, demam batu cincin akik yang berlebihan saat ini membuat sejumlah kolektor nakal membuat tiruan batu merah delima palsu, sehingga kalau konsumen tidak jeli pasti tertipu.

Batu merah delima juga dikenal dengan sebutan batu rubi yang merupakan jenis batu mulia yang dipakai banyak pejebat, termasuk Presiden. Harganya sangat tinggi kalau memang benar-benar asli. Lalu, apa batu cincin akik merah delima sebetulnya?

Batu Merah Delima Asli dan Harganya, Cek!

Batu merah delima adalah jenis batu permata mulia dengan warna merah tajam, baik merah muda hingga merah pekat seperti darah yang terbuat dari mineral korundum atau alumunium oksida. Senyawa kromium lah yang menyebabkan batu cincin akik merah delima berwarna merah.

Batu merah delima atau rubi termasuk salah satu dari empat batu cincin akik yang harganya paling mahal bersama dengan zamrud, intan, dan safir. Mahal murahnya batu rubi ditentukan oleh kualitas warna di mana warna merah yang paling berkilau dihargai paling mahal.

Batu merah delima termahal
Harga baru merah delima dihargai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari kualitasnya. Bagaimana menentukan ciri-ciri batu rubi itu mahal atau tidak?

Pertama, cek apakah warna merahnya benar-benar berkilau atau tidak. Jika batu rubi tersebut memiliki kilauan warna merah merekah yang tajam daripada batu rubi yang lainnya, segera pilih ciri-ciri yang seperti itu meski dibanderol dengan harga fantastis.

Kedua, cek kejernihan batu merah delima. Jika batu cincin akik jenis rubi yang Anda pilih ternyata memiliki beberapa gelembung, kusam, atau terdapat garis yang mengganggu, maka dipastikan harganya rendah. Sebaliknya, jika batu cincin akik jenis rubi memiliki kejernihan yang luar biasa, maka ia memiliki sisi istimewa, super, dan paling mahal.

Ciri-ciri batu merah delima asli
Untuk mengetahui ciri-ciri batu rubi asli, sebaiknya konsultasi dengan ahli atau pakar batu cincin akik mulia. Meski begitu, Anda bisa mencoba menelusuri dan mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut.

  • Warna hampir semuanya merah pekat, bening, dan nyaris tak ada gelembung di dalamnya
  • Bisa memancarkan cahaya dalam radius yang cukup jauh jika dibandingkan yang palsu
  • Jika direndam dalam air yang diwadahi gelas, maka pancaran cahayanya membias dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebaliknya, batu merah delima palsu tak mampu memancarkan cahaya lebih lama
  • Batu rubi yang super asli istimewa biasanya berukuran kecil sebagaimana biji delima
  • Punya 6 ster saat disorot dengan indeks kekerasan batu sebesar 9 serta bentuknya bulat oval
  • Gelas yang dipakai untuk merendam batu merah delima tidak mempan jika ditembak atau disilet. Ini berbau klenik, mistis, magis, spiritual, dan gaib atau proses ilmiah di mana batu rubi menyimpan senyawa tertentu? Semua tergantung kepercayaan Anda.

Harga batu merah delima
Harga baru merah delima asli yang masih mentah atau bongkahan saat ini dihargai antara Rp 200 ribu hingga Rp 10 juta, tergantung dari kualitas dan luas atau banyaknya batu.

Untuk batu cincin akik merah delima asli dihargai sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 850 ribu, bahkan beberapa di antaranya melebihi Rp 1 juta. Untuk kualitas super yang diambil dari proses penyedotan atau ritual gaib yang melibatkan dunia supranatural, biasanya mencapai Rp 5 juta ke atas atau bahkan Rp 100 juta karena dipercaya memiliki kekuatan mistis-spiritual untuk berbagai keperluan, misalnya aura, kelancaran usaha dan rejeki, cepat jodoh, kesaktian, hingga pangkat atau jabatan.

Baca juga: 4 Jenis Batu Akik Termahal di Indonesia dan Dunia

Hati-hati jika Anda ditawari batu cincin akik rubi atau mirah delima yang harganya murah di saat demam akik saat ini, bisa dipastikan palsu. Misalnya, Anda ditawari penjual akik di situs jual beli online Rp 50 ribu an, sebaiknya berhati-hati.

Situs jual beli online batu permata mulia seperti cincin akik membutuhkan tingkat kejelian yang tinggi karena gambar biasanya tidak sesuai dengan yang diharapkan pembeli. Untuk itu, jika Anda berminat beli batu cincin akik di website jual beli online, sebaiknya disertai dengan ketemuan, janjian atau bahasanya COD.

3 Responses to "Batu Merah Delima Asli dan Harganya, Cek!"

  1. barangkali ada yg mencari merah delima asli anti cukur,saya ad dan silahkan dites keaslianya

    ReplyDelete
  2. Lokasi dan nomor yang bisa dihubungi agan napo leon..?

    ReplyDelete
  3. Saya ada ayam cemani kalau ada yang minat hub. 081220332567

    ReplyDelete