Wisata Waduk Seloromo Gembong yang Memukau

Waduk Seloromo yang berada di Desa Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah benar-benar memukau mata dengan pesona alamnya yang begitu indah. Tak ayal, Waduk Seloromo Gembong bisa menjadi wisata alternatif bagi keluarga yang mengasyikkan.

Secara geografis, waduk Gembong berada di lereng gunung Muria pada bagian timur dan termasuk dekat dengan satu waduk yang juga memiliki pesona keindahan alam yang memukau, yaitu Waduk Gunung Rowo. Saling sambung menyambung, Waduk Gunung Rowo yang berada di Desa Sitiluhur menjadi penyuplai air menuju Waduk Seloromo.

Foto-Foto Waduk Seloromo Gembong Pati

Baca wisata danau di Pati lainnya: Indahnya Berwisata di Waduk Gunung Rowo Pati

Di sana, kita bisa menikmati air yang tertampung dalam danau besar dan melihat gunung Muria di bagian barat dengan hutan-hutan lebat di bawahnya. Perpaduan gunung, hutan, waduk, air, dan padang rumput yang hijau menjadikan danau ini sangat memukau mata dan hati.

Bahkan, menurut reporter Wisata DirektoriPati.Com, waduk Seloromo bisa dijadikan tempat atau surga bagi pemburu foto-foto alam. Karena itulah banyak di antara fotografer atau pengunjung yang berfoto selfie ria di sekitar waduk gembong ini. Beberapa di antaranya dimanfaatkan pengunjung yang mau foto pre wedding.

Lantas, ada apa saja dan berfungsi sebagai apa Waduk Seloromo? Berikut kami kupas tuntas mengenai waduk yang menurut tim wisata kami benar-benar memukau ini.

Wisata keluarga
Liburan menjadi salah satu cara bagi keluarga untuk menghabiskan waktunya di tempat-tempat wisata (tourist attraction). Sama halnya di waduk Seloromo, beberapa pengunjung di antaranya membawa mobil bersama keluarga dan anak-anak.

Bagus tidak? Biasanya objek wisata yang ada di Pati sangat indah dan bagus hanya di foto saja, sementara kalau aslinya tidak. Ini pernyataan yang salah. Pasalnya, kami sudah melakukan touring ke obyek wisata waduk seloromo gembong ini dan hasilnya kami betul-betul takjub.

Tempat pacaran
Ini dia yang boleh jadi dicari oleh para muda-mudi. Waduk gembong sangat cocok dijadikan tempat untuk pacaran dengan kekasih. Banyak di antara pengunjung yang datang membawa pasangan masing-masing.

Kalau Anda tanya: Tempat yang cocok untuk pacaran di Pati di mana? Kami jawab Waduk Seloromo! Kenapa? Pasalnya, sembari menghabiskan waktu dengan sang pacar, kita bisa menyaksikan keagungan Tuhan melalui ciptaan-Nya yang begitu indah dan memesona.

Perputaran ekonomi
Ada banyak pendapatan yang diperoleh melalui waduk Seloromo. Pertama, penjual yang menjajakan makanan dan minuman di sekitar waduk. Kedua, danau buatan ini berfungsi untuk menampung debet air yang dimanfaatkan untuk pengairan sawah dan flora di sekitarnya.

Bumi Mina Tani. Inilah julukan yang kiranya tidak lepas dari Kota Pati. Begitu juga dengan fungsi waduk Seloromo yang bisa mengairi sawah hingga mencapai puluhan kilometer di bawahnya, seperti lahan pertanian di Pati Kota, kecamatan Wedarijaksa, Tlogowungu, bahkan mencapai Juwana yang identik dengan lautnya.

Tak hanya itu, waduk Gembong ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk budidaya ikan tawar. Dengan sejuta manfaat tersebut, roda ekonomi terus berputar di sini.

Kemah (Camping Ground)
Kemah adalah bagian dari kegiatan yang acapkali diselenggarakan di obyek wisata ini. Selain bumi perkemahan regaloh, gunung rowo dan sejumlah tempat kemah lainnya, Waduk Selarama juga dijadikan ajang untuk berkemah, baik murid SD, SMP, SMA hingga mahasiswa.

Panduan wisata
Jika Anda ingin berwisata di waduk Seloromo Gembong, kami akan memandu Anda. Pertama, siapkan kendaraan, apakah mobil atau sepeda motor. Dua-duanya bisa akses dengan mudah. Yang jelas, kita akan berjalan sedikit menanjak karena berada di wilayah lereng pegunungan Muria.

Kedua, siapkan bekal, misalnya snack ringan, soft drink atau kalau tidak, cukup bawa uang saja dan belanja di sekitar obyek wisata. Di sana banyak ditemukan warung-warung yang menjajakan ragam makanan dan minuman, meski tidak sebanyak di Gunung Rowo.

Lokasi Waduk Seloromo tidak jauh dari pusat kota, yaitu bisa ditempuh sekitar 20 sampai 25 menit dari Simpang Lima atau Alun-alun, tergantung kecepatan berkendara. Dari Stadion Joyokusumo, silakan berjalan menuju arah barat (Gembong) dan lurus terus hingga sekitar 20 menit.

Kalau Anda belum pernah berkunjung ke sana, pelan-pelan saja. Pasalnya, plang papan menuju waduk sangat kecil. Yang jelas, di jalan yang lurus tadi, Anda perhatikan kanan jalan dan pada sebuah pertigaan, silahkan belok kanan.

Di sana, Anda bisa memarkirkan mobil di pinggiran danau atau membawa masuk sepeda motor ke dalam danau apabila volume airnya sedikit. Duduk-duduk, ngobrol, cerita sambil makan snack dan menikmati keindahan alam di sekitar waduk memberikan pengalaman berwisata di Pati yang betul-betul mengesankan.

Sejarah dan asal usul
Cerita, asal-usul, dan sejarah Waduk Seloromo Gembong bermula dari keinginan Pemerintah Kolonial Belanda yang ingin membuat bendungan air yang berfungsi sebagai pengairan.

Dari sini, kemudian bangsa Belanda yang waktu itu menduduki Nusantara, termasuk bumi Pati membuat waduk pada tahun sekitar 1930. Redaksi DirektoriPati.Com sendiri tidak percaya bahwa Belanda membangun waduk dari nol. Meski spekulatif, redaksi kami meyakini bahwa Belanda hanya membuat bangunannya lebih modern dan lengkap saja, bukan membuat dari awal.

Asal-usul nama Seloromo diambil dari kata "selo" yang berarti batu atau beberapa literasi mengatakan tempat duduk dan "romo" yang berarti orang tua laki-laki atau bapak. Menurut cerita dari sumber yang kami himpun, pada waktu penjajahan Jepang, waduk ini dibangun dengan sistem kerja rodi alias paksa di mana banyak korban berjatuhan.

Di sana, ada satu batu besar di dalam waduk yang tidak bisa dihancurkan oleh orang-orang Jepang meskipun menggunakan bom. Berawal dari sini, waduk tersebut dinamakan Seloromo yang berarti batu ayah. Demikian cerita, asal mula, dan sejarah Waduk Seloromo Gembong. Terkait dengan misteri, mitos, legenda, dan cerita mistis lain di waduk ini kami belum menemukannya.

Penasaran dengan lokasi waduk Seloromo Gembong? Simak liputannya di bawah ini:


Sumber video: http://www.youtube.com/watch?v=544l8uUdqHY

1 Response to "Wisata Waduk Seloromo Gembong yang Memukau"

  1. Wiiiih keren2. 😊 wisata malamnya di explor juga dong.

    ReplyDelete