Tradisi Santunan dan Burdahan Yayasan Jamaah Pasrah Pati

Dukuhseti, Direktoripati.com - Yayasan Jamaah Pasrah Pati menggelar santunan dan burdahan di rumah Amar Ma'ruf, Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (5/1/2015). Agenda yang seolah sudah menjadi bagian dari tradisi tersebut, bertepatan dengan pengajian Selasa Kliwon yang digelar rutin oleh Yayasan Jamaah Pasrah.

Beberapa yatim piatu hadir dalam kesempatan tersebut, sekaligus diberi santunan berupa uang dan beras. Tak hanya yatim piatu, hadir juga beberapa fakir miskin yang diundang. "Kegiatan Selasa Kliwon ini selalu kami lakukan tiap satu bulan sekali," tutur Minanurrohman, S.Pd.I salah satu pengurus Yayasan Jamaah Pasrah. Menurutnya, kegiatan santunan biasanya rutin digelar tiap setahun sekali yaitu tiap tanggal 1 Suro.

Tradisi Santunan dan Burdahan Yayasan Jamaah Pasrah Pati
Dalam kesempatan tersebut, hadir Ngalimun, S.Pd.I selaku Ketua II Yayasan Jamaah Pasrah dan beberapa anggota lain. Kepada Direktoripati.com, ia mengatakan momentum bulan Maulud sangat tepat untuk dijadikan wahana mendekatkan diri pada Allah dan Nabi Muhammad Saw.

"Kami menggelar santunan kepada yatim piatu dan beberapa fakir miskin yang dirangkai dengan agenda burdahan," paparnya.

Guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi tersebut juga mengatakan, Yayasan yang ia nahkodai tersebut sudah banyak memberi bantuan kepada yatim piatu dan fakir miskin, khususnya di wilayah Dukuhseti dan Pati. "Sejak 2004, kami selalu menggelar santunan tiap tahun, ada juga yang bulanan," terangnya.

Kami juga mengajak para pemuda di Dukuhseti, lanjutnya, untuk mencintai Nabi Muhammad Saw lewat burdahan, barzanjen juga manaqiban. "Semua itu merupakan agenda rutin Yayasan Jamaah Pasrah," jelas perangkat Desa Dukuhseti tersebut. Sontak, kebiasaan baik yayasan ini mesti menjadi teladan bagi instansi serupa yang ada di Pati, mengingat santunan menjadi salah satu cara untuk menyejahterakan anak yatim karena praktis mereka tak lagi punya orang tua. (Foto:Minan)

0 Response to "Tradisi Santunan dan Burdahan Yayasan Jamaah Pasrah Pati"

Post a Comment