Slogan Pati Kota Adipura Kencana Dipertanyakan

Kota, Direktoripati.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mengukuhkan slogan baru untuk Pati, yaitu Pati Kota Adipura Kencana. Info ini secara resmi dirilis di website resmi patikab.go.id. Prestasi yang sangat membanggakan memang, tapi terlalu banyak slogan akan mengaburkan nilai identitas asli Pati yang menjadi karakter dan keunikan Pati.

Hal ini disampaikan Lismanto, peminat kajian Nusantara, saat dihubungi Direktoripati.com via telepon, Rabu (14/1). "Pati sudah memiliki banyak julukan yang sangat unik dan berkarakter yang diambil dari adat, budaya dan filosofi wong Pati, misalnya Pati Bumi Mina Tani. Kalau banyak slogan baru bermunculan yang eksistensinya sekadar memperlihatkan prestasi Pati dalam jangka waktu yang fluktuatif, ini akan mengaburkan identitas Pati yang orisinil. Karena itu, slogan baru bertajuk Pati Kota Adipura Kencana perlu dipertanyakan," ujarnya.

Slogan Pati Kota Adipura Kencana Dipertanyakan
"Lagipula, bukan hanya Pati yang mendapatkan anugerah Adipura Kencana untuk kategori kota kecil pada tahun 2014, tetapi juga kota-kota lainnya seperti Kota Martapura yang ada di Kabupaten Banjar, Lamongan, dan Tuban. Jadi, mereka juga berhak meng-klaim bahwa daerahnya memiliki slogan Adipura Kencana," imbuh Lismanto.

"Bukannya saya tidak setuju. Tapi, slogan daerah itu kan sesuatu yang unik dan bersumber dari karakter, falsafah, dan budaya yang mengakar kuat dalam suatu daerah tersebut, bukan dibuat secara serampangan seperti itu. Jadi, slogan Pati Kota Adipura Kencana selain kurang cerdas dalam formula filosofinya, juga akan mencederai slogan lain yang memang bersumber dari filsafat orang Pati," lanjutnya.

Sebelumnya, 2014 lalu, Pati mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Sontak, Pemkab Pati merayakannya dengan menggelar semacam kirab budaya dan arak-arakan, kemudian disusul membuat semacam monumen tulisan yang terbuat dari besi bertuliskan "Pati Kota Adipura Kencana."

Tulisan tersebut dipajang di taman kota, bersebelahan dengan Patung Kereta Berkuda yang berada di jalur Pati-Kudus Km 1,5. Saat malam hari, tulisan ini tetap terlihat terang karena selain cukup besar, juga dilengkapi dengan lampu. (Baca juga: Patung Adipura Kencana Kota Pati Terbaru)

1 Response to "Slogan Pati Kota Adipura Kencana Dipertanyakan"

  1. Nggak enak di dengar. Masih enakan pati bumi mina tani.

    ReplyDelete