Pesona Hutan Jati di Tlogowungu Pati

Saat hendak menuju obyek wisata Waduk Gunung Rowo yang berada di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, kita akan melewati hutan jati yang berlokasi di Tlogowungu Pati, Jawa Tengah. Meski bukan objek wisata, tetapi melewati alas jati ini begitu memanjakan mata dengan sejuta pesona keindahannya.

Hutan di bagian selatan berupa jati yang meranggas tanpa daun sehingga berbentuk jajaran batang pohon mati yang menjulang tinggi dengan ranting-rantingnya yang memukau mata. Sementara itu, hutan pada bagian utara masih berupa jati hijau yang sangat lebat.

Pesona Hutan Jati di Tlogowungu Pati
Sontak, ketika kita berjalan melewati hutan ini, mata kita akan melihat dua pemandangan sekaligus yang saling bertolak belakang. Hutan jati kering memberikan kesan pemandangan yang eksotis, memukau, dan memiliki nilai seni alam yang tinggi.

Sementara hutan jati yang lebat dan hijau memberikan nuansa alam yang natural, alami, dan menyegarkan. Wow, sekali bukan? Sebetulnya kawasan hutan jati ini bukan menjadi objek wisata, tetapi semacam lahan tanaman jati yang dimanfaatkan pemerintah untuk menghasilkan kayu-kayu jati berkualitas, sebelum pada akhirnya berhenti di tempat pelelangan kayu (TPK). Karena itu, pemerintah biasanya membuat sistem "jati teres" atau dibiarkan mati, kering dan meranggas untuk beberapa tahun dalam rangka menghasilkan kayu jati TPK berkualitas terbaik.

Dari sinilah saat kita ingin mengunjungi wisata alam atau mencari tempat pacaran dan kencan di waduk gunung rowo, kita akan melewati jajaran hutan jati kering yang mati karena akan dijadikan kayu jati kualitas teres yang akan masuk di tempat pelelangan kayu (TPK), sebelum akhirnya dijadikan ragam mebel dan furnitur yang bagus. (Baca juga: Waduk Gunung Rowo, Tempat Pacaran Paling Asyik di Pati)

Untuk melihat secara langsung suasana, situasi dan kondisi saat melewati hutan ini, silakan simak video dokumentasinya di bawah ini:


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Jrrte5jOJXc

0 Response to "Pesona Hutan Jati di Tlogowungu Pati"

Post a Comment