7 Lokasi Rawan Operasi Tilang Kendaraan di Pati

Berita operasi Pati hari ini. Titik lokasi mana saja yang sering terjadi operasi razia kendaraan di kota Pati Jawa Tengah? Orang Pati sendiri menyebutnya tilang, meski pada mulanya tilang merupakan singkatan dari bukti pelanggaran.

Saat berkendara di sekitar kota Pati dan tidak memiliki surat ijin mengemudi (SIM), surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK), atau tidak membawa helm, pasti was-was dan tidak nyaman dalam berkendara karena selalu dihantui operasi tilang-zebra.

Untuk memberikan berita (news) dan informasi seputar daerah di kota Pati yang sering diadakan operasi kendaraan bermotor kepada warga, berikut ini infonya. Sebagai catatan, berita ini bukan bermaksud untuk membuat tips menghindari kejaran atau tilang polisi gabungan, tetapi lebih memberikan sisi edukatif agar segera melengkapi surat-surat penting agar tidak terkena tilang. Dengan begitu, berkendara di sekitar kota Pati menjadi aman, lancar dan tidak melanggar Undang-Undang Lalu Lintas.

7 Lokasi Rawan Operasi Tilang Kendaraan di Pati
Pentol Godi
Tepat di bawah dan sebelah selatan tugu pentol godi yang bertuliskan "Pati Bumi Mina Tani" merupakan titik rawan yang acapkali ada operasi polisi. Jadi, hati-hati saja kalau berkendara di sekitar Rumah Sakit (RS) Soewondo dan berjalan menuju arah Alun-alun.

Kawasan Simpang Lima
Kawasan ini seringkali diadakan operasi gabungan-zebra yang merazia pengendara yang tidak memiliki surat-surat lengkap seperti STNK, SIM, dan helm.

Dari sejumlah titik di sekitar alun-alun, yang paling sering terjadi di tugu yang menuju arah Kayen atau Sukolilo. Jadi, pengendara yang berasal dari Swalayan Luwes maupun dari Alun-alun, sebaiknya gunakan jalur alternatif untuk melewati area ini.

Depan GOR/pasar buah
Pojok depan gedung olahraga (GOR) dan pasar buah merupakan lokasi di mana razia tilang kendaraan paling sering dilakukan. Pasalnya, lokasinya strategis.

Dari arah Semarang atu Kudus (jalan raya Pati-Kudus) yang berjalan menuju pati kota selalu melewati ini karena jalannya satu arah sehingga jalur ini menjadi target empuk bagi pengendara yang tidak lengkap. Solusinya, gunakan arah kiri (patung kereta berkuda) belok kiri atau belok kanan, jangan lurus.

Pasar Puri
Depan pasar Puri Baru Pati juga menjadi lokasi paling sering ada operasi tilang kendaraan. Hati-hati saja kalau melewati daerah jalan ini (sekitar Hotel Mulia).

Pintu masuk kota Pati
Anda habis dari Kudus, Demak, Semarang? Atau dari hiburan di karaoke dan transaksi jual beli sapi-kambing di pasar hewan Wage atau dari kawasan Lorong Indah (LI)? Hati-hati kalau pulang ke kota Pati mengingat di sekitar pintu masuk "Pati Bumi Mina Tani" (sebelum RM Sapto Renggo atau RS Keluarga Sehat) rawan operasi kendaraan dari polisi.

Tidak ada solusi untuk menghindari operasi tilang di kawasan ini, kecuali Anda sabar menunggu hingga operasi tilang selesai atau bisa ditempuh dengan rute masuk pedesaan. Solusi paling ampuh agar tidak dikejar polisi adalah bawa saja surat lengkap, seperti sim, stnk dan helm standar.

Bongsri-Ngrandu
Jalan raya Pati-Tayu sekitar daerah Ngrandu (pintu masuk SMP Negeri 7) dan Bongsri (sekitar BMT Fastabiq ke selatan sedikit) menjadi lokasi yang sering terkena operasi kendaraan oleh polisi lalu lintas Pati.

SMAN 2 dan SMKN 1
Daerah jalan di depan SMAN 2 dan SMKN 1 Pati dan sekitarnya merupakan titik rawan operasi kendaraan polisi selanjutnya, terutama arah dari Stadion Joyokusumo. Meski demikian, arah ke barat menuju Stadion Jayakusuma juga perlu jaga-jaga.

Demikian daftar lokasi atau titik yang rawan dan sering ada razia tilang kendaraan di sekitar kota Pati, Jawa Tengah. Untuk itu, perlu hati-hati dan jaga-jaga saat lewat daerah tersebut.

Jam atau waktu yang paling sering digelar operasi kendaraan adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 hingga jam 11.30 WIB. Sementara itu, untuk siang hari biasanya sering dilakukan pada jam 13.30 an sampai jam 16.00 an. Pada pagi dan siang ini, Anda sebaiknya waspada. Terlebih saat malam hari, jika Anda berkendara tidak membawa helm biasanya dikejar oleh polisi setempat kalau ketahuan, terutama area alun-alun Simpang Lima.

Nah, tips, cara, trik dan solusi paling ampuh menghindari kejaran atau razia tilang berkendaraan oleh polisi, segera urus surat-surat, terutama SIM dan STNK dan jangna lupa gunakan helm standar SNI yang bisa Anda beli di toko-toko helm terdekat, baik di Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Grobogan, Blora, Demak, Semarang.

Dengan demikian, Anda bisa mengendarai sepeda motor Anda (baik Honda, Yamaha, Suzuki, motor China, dll) dengan leluasa dan aman. Mau ke Kudus, Jepara, Rembang, Blora, Purwodadi-Grobogan, Demak, Semarang, maupun kabupaten lain di Jawa Tengah maupun Jawa Timur dan Jawa Barat, aman-aman saja dan bebas dari razia operasi tilang kendaraan dari polisi. Selamat berkendara! (Baca juga: Ini 7 Tempat Pacaran di Pati Jateng yang Sering Dikunjungi)

1 Response to "7 Lokasi Rawan Operasi Tilang Kendaraan di Pati"