2019, Kabupaten Pati Jadi Ibu Kota Indonesia?

Direktoripati.com - 2019, Kabupaten Pati Jawa Tengah menjadi ibu kota Indonesia? Demikian salah satu pertanyaan spekulatif komunitas Pati Bumi Blogger (Pager) saat menggelar kopi darat di Pendopo Kabupaten Pati, Minggu (4/1).

"Sebagai orang Pati, kita harus bangga karena perjalanan panjang sejarah Nusantara tidak bisa lepas dari historisitas tentang Pati," ujar Lismanto, salah satu anggota yang sebetulnya ia gunakan untuk memberikan motivasi kepada anggota yang lain agar bangga menjadi anak asli Pati.

Dengan kalimat motivasi tersebut, Lismanto berharap agar generasi muda asal Pati, terutama komunitas blogger, bisa mengangkat sejuta potensi yang sangat melimpah di Pati Bumi Mina Tani. Namun, kalimat penyemangat tersebut akhirnya menjadi obrolan serius yang berujung pada statement: "Kabupaten Pati layak jadi ibu kota Indonesia."

Perspektif sejarah
Dilihat dari perspektif sejarah, Kadipaten Pati punya kisah panjang yang jauh lebih tua ketimbang kota lainnya. "Kalau Cak Nun (red: Muhammad Ainun Najib) pernah bilang kalau Yogyakarta cocok dijadikan ibu kota Indonesia, maka saya harus mengatakan Kabupaten Pati lah yang lebih layak. Embrio dan cikal bakal Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta itu tidak bisa lepas dari sejarah Pati," tutur Lismanto.

"Kalian tahu Danang Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati, pendiri dinasti Mataram? Beliau adalah suami dari putri Pati bernama Ratu Mas Waskita Jawi yang tak lain anak Ki Ageng Penjawi sebagai penguasa Pati. Kalian tahu, cikal bakal lahirnya Kesultanan Solo? Tidak lepas dari silsilah Nyai Ageng Ngerang yang merupakan tokoh penyebar agama Islam dari Pati. Kalian tahu Raden Mas Jolang bergelar Panembahan Hanyakrawati dan Sultan Agung yang merupakan raja Mataram penerus Panembahan Senopati? Mereka keturunan dari penguasa Pati," cerocos Lismanto menjelaskan.

Peradaban tertinggi di dunia
Bahkan, salah satu anggota kopdar menjelaskan bahwa Kadipaten Pati pernah menjadi tempat leluhur dengan peradaban tertinggi di dunia, setelah kisah tentang Atlantis (Ya’juj Ma’juj).

"Leluhur orang Pati itu pernah menjadi manusia dengan peradaban paling maju di dunia. Argumen ini didasarkan pada sebuah benua yang pernah hilang dengan peradaban manusia paling maju bernama Lemuria. Sementara itu, sejumlah pendapat mengatakan bangsa Lemurian ada di samudra pasifik sebelah selatan, ada juga yang mengatakan di selatan India. Terakhir, pendapat mengatakan Lemuria dan Atlantis ada di Indonesia," Ujar Imam Azizi, anggota komunitas Pati Bumi Blogger yang pernah menjadi wartawan dan saat ini menghabiskan waktunya sebagai fotografer dan abdi negara.

"Ya, benar. Saya pernah mendengar statement Cak Nun bahwa pusat peradaban paling maju di dunia pernah terjadi di sekitar pegunungan Muria," sahut Lismanto.

Selanjutnya, imbuh Imam, perahu Nabi Nuh yang terbuat dari kayu jati dengan kualitas terbaik hanya ada di sebelah barat Tuban dan sebelah timur Demak, yang tak lain adalah Pati. "Inilah mengapa manusia Pati itu unggul dalam perspektif sejarah para leluhur," kata Imam.

Lokasi strategis
Jika dilihat dari segi lokasi, Kabupaten Pati punya wilayah laut, pegunungan, dan daratan menjadi satu. "Kondisi letak geografis ini sangat memadahi apabila Pati dijadikan sebagai ibu kota Indonesia," kata Hamidulloh Ibda, mahasiswa magister Universitas Negeri Semarang (Unnes) asal Dukuhseti.

"Kalau Jakarta kan sudah macet dan rawan banjir. Kalau 2019 Kabupaten Pati jadi ibu kota Indonesia, saya kira boleh juga," ceteluknya. Sontak, kopdar yang membahas seputar dunia blogging ini menjadi lebih cair karena juga membahas identitas, potensi, dan sejarah Pati. (Eka)

6 Responses to "2019, Kabupaten Pati Jadi Ibu Kota Indonesia?"

  1. Sing penting.. rakyat pati iso mandiri. Kelola sumberdaya alam seng ono. Minyak di blora,agro kultural,dan mina, di kawasan pati utara dan juana. budaya. UKMandiri. kabeh opo seng iso di berdayakan nak pati di enggo daya tarik wisata dan usaha pembangunan. wong pati iki nak manca negara kyak taiwan arap saudi, Korea. mulai harum namanya , setelah pernah tercemar Nero . PIYE LEH PATI IKU TERKENAL NAK INTERNASIONAL LHO MBAH..!

    ReplyDelete
  2. Sing penting.. rakyat pati iso mandiri. Kelola sumberdaya alam seng ono. Minyak di blora,agro kultural,dan mina, di kawasan pati utara dan juana. budaya. UKMandiri. kabeh opo seng iso di berdayakan nak pati di enggo daya tarik wisata dan usaha pembangunan. wong pati iki nak manca negara kyak taiwan arap saudi, Korea. mulai harum namanya , setelah pernah tercemar Nero . PIYE LEH PATI IKU TERKENAL NAK INTERNASIONAL LHO MBAH..!

    ReplyDelete
  3. Galilah sejarah pati sedalam mungkin,,,
    Insyallah anda akan bangga dan kagum akan kota kita tercinta "PATI" ,,,

    ReplyDelete
  4. Galilah sejarah pati sedalam mungkin,,,
    Insyallah anda akan bangga dan kagum akan kota kita tercinta "PATI" ,,,

    ReplyDelete