Cewek Korea Ini Suka Nasi Gandul Khas Pati

Cewek asal Korea Selatan ini suka makan nasi gandul khas Pati Jawa Tengah. "Rasanya mantap, aku sangat suka," ujarnya saat makan nasi gandul di kawasan Desa Gajahmati Pati, Sabtu (25/12/2010).

Info unik mengenai komentar dan pendapat tentang sego gandul khas Pati ini sebetulnya sudah ada di catatan Mas Lismanto yang tersimpan di laptop, namun tidak pernah dipublikasikan. Karenanya, untuk memberikan informasi tentang pendapat turis asing mengenai kuliner khas Pati, kita mencoba untuk mempublikasikan agar bisa dibaca oleh warga Pati dan sekitarnya, termasuk penggemar dan fans berat sego gandul. Coba kita wawancara, yuk?

Cewek Korea Ini Suka Nasi Gandul Khas Pati
"Waktu itu ada dua relawan dari sebuah lembaga internasional, kalau tidak salah The Frontiers, main ke kampus saya di Semarang. Yang cewek dari Korea Selatan, sementara yang cowok dari Amerika Serikat. Keduanya sepasang kekasih," ujar Lismanto, Minggu (25/1/2015). Selanjutnya, berikut penjelasan langsung dari Lismanto mengenai cewek asal Korea yang suka nasi gandul khas Pati Jawa Tengah.

Sebelum berbicara banyak hal tentang perdamaian, kerusuhan dan bencana di Aceh, dan seputar pentingnya pendidikan untuk orang-orang dan anak-anak Aceh pasca Tsunami, karena memang mereka menjadi relawan yang dikirim The Frontiers untuk Aceh, kami sempat berkenalan. "Hallo, my name is Lismanto. I come from Pati, Central Java," sapaku.

Sebelum ia mengenalkan namanya, tiba-tiba dia menyahut menggunakan bahasa Inggris yang intinya begini: "Oh, Pati? Baru saja kami dari Pati kemarin, sebelum bertandang ke Semarang. Kemarin kami touring dan traveling ke Pati dan Jepara," ujarnya.

"I like traditional food from Pati. What is it?" Begitu setidaknya ia bicara. Dia sama sekali lupa dengan nama makanan yang baru saja ia makan kemarin. Alisnya bergerak ke atas, sementara bola matanya terlihat memutar seperti mencari sesuatu.

Kemudian saya tebak: "Nasi gandul?" "Yes, right!" ungkapnya. Pikirku, bicara soal kuliner khas Pati, apa lagi kalau bukan nasi gandul. Sebab waktu itu petis runting masih belum populer dan tidak banyak orang yang tahu, bahkan orang Pati sendiri sekalipun. Secara gamblang, wanita yang terlibat dalam sejumlah aksi untuk ikut membantu perdamaian dunia ini menjelaskan bagaimana makan nasi dengan kuah beserta dengan daging sapi yang sangat mantap. Rasanya gurih dan sedap dengan aroma khas bumbu-bumbu rahasia Nusantara.

Wanita Korea yang saya lupa namanya ini, berulang-ulang mengatakan bahwa ia sangat suka dengan nasi gandul asal Pati. Tanpa ditanya, sekali ia dengar kata "Pati", yang teringat di benaknya adalah nasi gandul.

Sontak, percakapan kami sangat cair. Terlebih, saat ia dan pacarnya (yang berasal dari Amerika tadi) memiliki kesan yang sama tentang kota Pati, yaitu kotanya panas. Padahal, menurut saya sebagai orang asli kelahiran Pati bumi mina tani, udaranya sejuk, semilir, dan damai seperti surga. Hehehe.

Sementara itu, saat saya mengantar dua wanita asal Semarang dan Solo yang bertugas untuk sebuah media koran terbesar di Indonesia, saat bertandang ke Pati dan Rembang, saya ajak makan nasi gandul. Komentarnya sama: "Mantap, mas. Tidak rugi diajak mas Lismanto wisata kuliner di Pati." begitu katanya.

nasi gandul khas pati jawa tengah

Bagaimana? Kalau turis asing dari Korea dan pengunjung dari luar kota seperti Semarang dan Solo, semuanya suka dengan nasi gandul. Bagaimana dengan Anda? Tuliskan komentarmu di bawah ini, ya?

Baca juga berita terkait: Pendapat Wisatawan asal Amerika tentang Kota Pati Jawa Tengah

1 Response to "Cewek Korea Ini Suka Nasi Gandul Khas Pati"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Cewek Korea Ini Suka Nasi Gandul Khas Pati " .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Explore Indonesia by Universitas Gunadarma

    ReplyDelete