Buper Regaloh Pati Jadi Objek Wisata

Bumi Perkemahan (Buper) Regaloh di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Jawa Tengah yang dulu merupakan areal perkebunan tanaman mulberry untuk budidaya ulat sutera, saat ini berubah menjadi objek wisata, baik untuk campground, outdoors, outbond, maupun tempat berkumpul hingga wisata alam.

Bahkan, bumi perkemahan sudah menjadi "Edu Agroforestry resort (EAR)" KBM Agroforestri Perum Perhutani Unit 1 Jateng, Regaloh, Pati. Dengan pengelolaan yang mengalami kemajuan pesat ini, setiap pengunjung yang masuk akan dikenakan biaya tiket masuk (HTM) dengan rincian harga Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3 ribu bagi umum, dan Rp 15 ribu khusus untuk turis asing (mancanegara).

Buper Regaloh Pati Jadi Objek Wisata

Sementara itu, biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 1.000 dan mobil Rp 2 ribu. Hal ini tentu sangat berbeda jika dibandingkan 10 tahun yang lalu di mana daerah hutan regaloh hanya berupa hamparan tanaman Mulberry (orang Pati menyebutnya murbei) untuk budidaya ulat sutera di bagian selatan sungai dan hutan jati pada bagian utara sungai. Tak ketinggalan, budidaya lebah juga sudah ada sejak dulu di sini. 

Obyek wisata Pati
Kalau dulu kawasan Regaloh hanya dijadikan sebagai tempat wisata bagi penduduk lokal yang ingin menikmati indahnya alam berupa hutan, sungai, dan pegunungan Muria pada bagian barat, saat ini Buper Regaloh beralih fungsi menjadi obyek wisata yang dikelola secara profesional.

Lalu, ada apa saja kalau kita berwisata di bumi perkemahan Regaloh? Saat ini, Buper Regaloh dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang menunjang untuk kegiatan wisata, misalnya ruang pertemuan (meeting room), penginapan atau wisma, joglo yang bisa dijadikan sebagai pertemuan di ruang terbuka (outdoor meeting), camping ground, sutera alam, dan saung Leuweung.

Kepala urusan Kebun Pusat Sutera Alam (PSA) Regaloh Solikin menjelaskan bahwa pihak pengelola telah mengembangkan kebun murbei seluas 327 hektare beserta dengan hutan jati dan randu lebih dari 6 hektare. Dengan adanya randu dan jati diharapkan bisa menjadi faktor untuk mendukung budidaya ulat sutra dan lebah madu. "Daun tanaman murbei menjadi media untuk ulat sutra hidup, sedangkan pohon jati dan randu mendukung ternak tawon madu," ujar Solikin.

Dengan adanya ragam hutan yang ada di Regaloh, suasana berwisata menjadi semakin menyenangkan, alami, sejuk, dan tentunya menjadi wahana untuk refreshing. Pun, di sini wisatawan bisa hacking atau menelusuri dan menerjang alam. Rute hacking akan melewati perkebunan mulberi yang sangat luas, hutan jati dan randu, tempat pengemasan madu, dan budidaya ulat sutera.

Kalau pengunjung lapar dan haus, bagaimana? Tenang saja. Di sekitar buper terdapat sejumlah warung yang siap menjajakan makanan dan minumannya untuk wisatawan yang berkunjung di bumi kemah regaloh. So, segera putuskan di mana Anda akan menghabiskan waktu liburan di Pati Bumi Mina Tani ini. 

Edu Agroforestry Resort (EAR) KBM Agribisnis 1 Jawa Tengah
Alamat: Jalan Tlogowungu-Lahar Km 1 Pati
Nomor telepon: (0295) -

1 Response to "Buper Regaloh Pati Jadi Objek Wisata"