Rekor, Pemadaman Listrik di Pati Akan Berlangsung Seminggu

Direktori Pati - Rekor, pemadaman listrik di Pati akan berlangsung seminggu. Info pemadaman listrik ini disampaikan Manajer PT PLN (Persero) Rayon Pati Suluh Pujiono, Senin (1/12).

Menurutnya, perbaikan listrik yang diakibatkan kerusakan instalasi pada gardu yang terbakar memakan waktu sekitar 3 (tiga) hari sampai seminggu. Hal ini mencetak rekor pemadaman listrik paling lama beberapa tahun terakhir di Pati, Jawa Tengah.

Adapun jadwal pemadaman listrik pati saat ini menurut informasi yang didapatkan dari berbagai sumber, malam hari listrik akan hidup, sedangkan siang akan mati. Hal ini tidak pasti, karena listrik akan dinyalakan dan dipadamkan secara bergilir dari satu daerah ke daerah lainnya. Dengan demikian, jadwal pemadaman listrik di Pati antara satu wilayah ke wilayah lainnya berbeda.

Rekor, Pemadaman Listrik di Pati Akan Berlangsung Seminggu

"Info terbaru, trafo 1 GI Pati sudah bisa beroperasi. Jadi, sementara bisa nyala tetapi nanti padam secara bergiliran. Yang sekarang sudah nyala, siap-siap dipenuhi semua air untuk mencuci dan HP untuk alat komunikasi," kata info resmi PT PLN Rayon Pati beberapa jam yang lalu. Sementara itu, kondisi kota Pati malam ini gelap gulita dan seperti kota mati.

Saat ini, banyak warga Pati yang bertanya: "Kenapa Pati listriknya sering mati dan padam?" Jika beberapa waktu lalu listrik di Pati sering byar-pet karena disebabkan cuaca ekstrem yang menyebabkan angin besar, petir, banjir, dan gangguan karena faktor alam lainnya, sekarang ini listrik sering mati-padam dikarenakan peralatan dan instalasi di gardu induk (GI) yang menjadi penyetok daya mengalami kerusakan mencapai 90 persen akibat kebakaran.

Rencananya, pihak PT PLN Rayon Pati akan menggunakan travo yang lebih besar, yakni 60 MVA agar listrik di Pati tidak sering mati, padam, dan byar-pet. Namun, pihaknya masih melakukan kajian dan pengecekan ulang. "Kalau travo 30 MVA masih handal dengan peralatan yang mendukung kita segera melakukan evaluasi kembali," ujar Suluh.

Terkait dengan gardu listrik Pati terbakar, pihak PT PLN Distribusi Jateng-DI Yogyakarta menurunkan tim area pengatur distribusi (APD) untuk mengetahui penyebab terbakarnya travo 2 jaringan 20 kv yang memasok daya ke ribuan pelanggan di Kabupaten Pati tersebut.

0 Response to "Rekor, Pemadaman Listrik di Pati Akan Berlangsung Seminggu"

Post a Comment