8 Tokoh di Kompleks Makam Adipati Pragola

Ada 8 (delapan) nama tokoh yang berada di kompleks makam Adipati Pragola Pati. Siapa saja? Berikut ini informasinya yang kami himpun dari berbagai sumber, termasuk hasil wawancara dengan juru kunci yang bisa dijadikan panduan untuk wisata sejarah di sini.

Adipati Pragola II
Pertama, di sana kita bisa menemukan makam Adipati Pragola kedua dengan panjang jirat 2,1 meter, lebar jirat 40 cm, tinggi jirat 40 cm, dan tinggi nisan 90 cm. Bentuk makamnya berbeda dengan yang lainnya, yakni lebih indah, artistik, dengan bebatuan runcing pada bagian nisan yang hampir membentuk bunga.

Selain itu, berikut daftar nama-nama tokoh yang ada di kompleks pemakaman Adipati Pragolo. Sebelumnya, kami ingin menampilkan peta/denah makam Adipati Pragola yang bisa dilihat di bawah ini:
Peta/Denah Makam Adipati Pragola Pati
Sumber: Sejarah Pati yang diterbitkan Dinas Pendidikan

  1. Ki Ageng Kenduran
  2. Kyai Pederesan
  3. Dewi Nawangwulan
  4. Dewi Nawangsih
  5. Pandita Panatas Angin
  6. Sambapradan
  7. Sambawilis
  8. dan Kyai Giring yang berada di luar kompleks bagian timur


Yang menarik kemudian, apakah makam Dewi Nawangwulan ini merupakan istri dari Joko Tarub? Kemudian, apa betul makam Dewi Nawangsih ini adalah anak atau puteri dari Joko Tarub dan bidadari Nawangwulan yang kemudian melahirkan Ki Ageng Getas Pendawa yang berujung pada lahirnya Panembahan Senopati sebagai peletak dasar Dinasti Mataram.

Kalau jawabannya benar, maka makam Bidadari dari kahyangan atau langit bernama Dewi Nawangwulan yang dinikahi oleh Joko Tarub berada di Pati, Jawa Tengah. Kalau iya juga, berarti Kabupaten Pati adalah negeri yang menjadi salah satu bagian penting dalam perjalanan panjang sejarah Nusantara ini.

Kenapa kami hanya berspekulasi? Pasalnya, kami belum sempat wawancara atau menelusuri sejarah yang menjelaskan bahwa makam Dewi Nawangwulan di Pati merupakan istri Jaka Tarub. Yang jelas, buku Sejarah Pati menjelaskan bahwa Nawang Wulan dan Nawangsih ada di kompleks makam Adipati Pragola, raja sekaligus kesatria legendaris asal kota seribu paranormal ini.

Informasi selengkapnya, silakan baca: Wisata Religi-Sejarah di Makam Adipati Pragola

0 Response to "8 Tokoh di Kompleks Makam Adipati Pragola"

Post a Comment