Mengenal Wisata Sumber Ndodo di Kayen

Selain gua pancur, ada satu lagi objek wisata di sekitar kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang keberadaannya belum banyak diketahui masyarakat luas. Wilayah lereng pegunungan Kendeng memang menyimpan sejuta kekayaan alam yang eksotis.

Adalah Sumber Ndodo, telaga yang berada di Desa Jimbaran di mana lokasinya tak jauh dari Gua Pancur. Saat tim wisata jalan-jalan DirektoriPati.Com mengunjungi Telaga Ndodo, nampaknya pemerintah setempat sedang membangun fasilitas obyek wisata ini.

Ada apa saja di Wisata Sumber Ndodo?
Mengenal Wisata Sumber Ndodo di Kayen
Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan telaga yang indah di mana konon sumbernya berasal dari akar pohon Nyamplung yang memiliki bahasa ilmiah Calophyllum sp. Oleh sebagian masyarakat, pohon yang usianya sudah ratusan ini dikeramatkan. Di bawah akar pohon inilah muncul mata air jernih yang kabarnya tidak pernah berhenti mamancar, meski di musim kemarau sekalipun.

Selain telaga atau macam danau/rawa, pengunjung bisa memandang pepohonan hijau yang mengelilingi sekitar Sumber Ndodo, termasuk tumbuhan yang hidup di lereng pegunungan Kendeng. Asri, teduh, dan sejuk. Begitu suasana yang bisa dirasakan di Sumber Ndodo ini.

Di sana juga bisa dijumpai padusan punden Sumber Ndodo dan makam salah satu tokoh Kadipaten Pati yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk wisata sejarah sekaligus. Kenapa wisata sejarah itu penting? Ya, melawan lupa dari kisah penting lelulur kita di masa lalu menjadi salah satu cara untuk memajukan Pati bumi mina tani ini.

Terkait dengan lokasi Sumber Ndodo, tidak jauh dari wisata alam Gua Pancur, yaitu berjarak sekitar 600 meter sampai 1 km. Tepat di sebuah pertigaan, kita akan menemukan papan petunjuk. Arah kiri, pengunjung sampai ke Gua Pancur. Sementara itu, arah lurus kita sampai di Sumber Ndodo.

Dua obyek wisata yang saling berdekatan ini dikelola oleh komunitas lokal bernama Gasong Community dengan jargon "Solidaritas Tanpa Batas". Untuk membaca informasi apa saja mengenai Gua Pancur dan panduan wisata di sana, silakan baca Objek Wisata Gua Pancur

0 Response to "Mengenal Wisata Sumber Ndodo di Kayen"

Post a Comment