Kirab Budaya di Pati Peringati Sendang Sani

Untuk memperingati prosesi ziarah Sendang Tirta Marta Sani, kirab budaya di Pati akan segera digelar bersamaan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw 1436 H. Selain kirab budaya, sepeda santai juga digelar.

"Sehat dan berbudaya." Begitu tagline yang diambil panitia untuk menyelenggarakan sepeda santai dan kirab budaya yang akan berlangsung pada Sabtu, 3 Januari 2015 mendatang.

Kirab Budaya di Pati Peringati Sendang Sani
Acara sepeda santai dimulai pada jam 06.00 WIB sampai selesai di halaman Sendang Sani, Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Terkait dengan hadiah, panitia menyediakan 2 unit sepeda, 2 TV berwarna, 2 kompor gas, 2 kipas angin, 20 jam dinding, serta 50 paket hadiah.

Untuk mengikuti sepeda santai, setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 5.000 dengan menghubungi nomor telepon 085 740 025 987 (Wiwit), kios depan halaman sendang sani, atau ketua RT di seluruh Desa Tamansari.

Sejarah Singkat Sendang Sani
Sejarah singkat Sendang Tirta Marta Sani berawal dari sebuah perjalanan Sunan Bonang ke tempat kediaman Sunan Muria. Di tengah perjalanan, Sunan Bonang ingin beristirahat dan memberikan tugas kepada muridnya untuk mencari sumber mata air dengan sebuah tongkat.

Dengan hanya sekali tancap, tanah tersebut memancarkan air yang akan digunakan Sunan Bonang untuk wudlu. Berhubung kondisinya panas, murid Sunan Bonang justru keenakan mandi dan minum air di sendang hasil dari penancapan tongkat tadi.

Setelah dicari-cari Sunan Bonang, murid tersebut akhirnya diketemukan dan disabda oleh Sunan Bonang menjadi seekor kura-kura atau orang Pati menyebutnya bulus. Demikian asal mula Sendang Sani yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi warga dan diperingati setiap tahunnya.

0 Response to "Kirab Budaya di Pati Peringati Sendang Sani"

Post a Comment