Menyantap Gethuk Lopis Runting, Jajanan Mak Nyus Asli Pati

Menyantap gethuk lopis runting, jajanan mak nyus asli Pati. Demikian kata yang bisa kami ucapkan dari tim wisata kuliner Direktori Pati saat menikmati sajian mantap jajanan khas pasar dari Desa Runting, Pati, Jawa Tengah, Minggu (14/12).

Minggu pagi setelah jalan sehat dan olah raga sejenak dari lapangan sepak bola stadiun Joyokusumo, kami mampir di warung tenda kecil di pinggiran jalan raya Pati-Tayu, tepatnya di Desa Runting. Warung tersebut bertuliskan "Jual Getuk-Lopis Runting Pancen Eco".

Menyantap Gethuk Lopis Runting, Jajanan Mak Nyus Asli Pati
Di sana, kami memesan dua menu yang menjadi dagangan utama warung tersebut, yaitu gethuk runting sekaligus lopis. Teh panas mendampingi kami dalam menyantap sajian gethuk dan lopis khas runting, Pati. Lalu, apa sih getuk dan lopis itu? Apakah sama dengan getuk lapis atau lupis? Berikut penjelasan dari tim wisata jalan-jalan kuliner kami.

"Saya kira kalau gethuk, siapa saja pasti tahu, apalagi getuk runting yang sudah dikenal. Karena itu, saya lebih suka untuk menjelaskan apa itu lopis atau dalam bahasa Indonesia ditulis dengan  kalimat lupis," ujar Moch Khoirul Riski, reporter wisata kuliner Direktori Pati.

Lopis jajanan pasar khas Pati
Lopis itu, lanjut Riski, semacam jajanan pasar khas Desa Runting yang terbuat dari beras ketan dengan dibungkus daun pisang. Cara membuat lopis pun sama dengan cara membuat lontong, bedanya getuk lopis itu dibikin dari beras ketan, kalau lonthong itu dari beras biasa.

Cara penyajian lupis ini dipotong kecil-kecil di atas daun pisang dalam piring, kemudian ditaburi dengan parutan kelapa dan serondeng. Masih tidak tahu serondeng? Ah, kebangetan. Sekalian kami jelaskan.

Serondeng itu semacam parutan kelapa yang dibuat dengan campuran gula merah. Jadi, saat menyantap lopis, mulut kita dimanjakan dengan taburan kelapa di lapis pertama, dan taburan serondeng di lapis kedua. Benar-benar mak nyus, mantap betul!

Inilah kuliner khas Pati yang semestinya diuri-uri dan menjadi ikon kuliner yang membanggakan bagi warga kabupaten Pati. Menyantap gethuk dan lopis sambil menyeruput teh panas di pagi hari sembari menikmati suasana liburan benar-benar mengesankan.

Harga getuk lopis
Saat ini, untuk menikmati sajian getuk, kita harus merogoh kocek yang tidak banyak, yaitu Rp 2.000 untuk dimakan ditempat dan Rp 1.200 kalau dibungkus. Lho, kok beda? Yaps, dimakan di tempat itu porsinya lebih banyak, sedulur sekalian.

Sementara itu, menikmati satu porsi lopis juga sama. Murah sekali, bukan? Tunggu dulu. Ada yang lebih murah meriah lagi, lho? Berapa memangnya? Dan, di mana tempatnya?

Tara! Dengan Rp 500 saja, kita bisa menyantap satu bungkus getuk atau lopis khas Runting. Ini kalau kita mau blusukan di Pasar Runting. Di sana kita bisa menikmati jajanan kuliner pasar dengan hanya lima ratus rupiah saja. Di mana ya Pasar Runting itu, baca informasinya di bawah ini:

Saya wisatawan, di mana mendapatkan getuk lopis runting?
Jika itu pertanyaan Anda. Kami dengan senang hati akan memandu wisata kuliner Anda di Pati. Sebelum Anda bertanya soal itu, ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan.

Pertama, jangan cari gethuk lopis di siang hari, apalagi malam hari. Pasalnya, hampir semua warung tenda yang menyediakan jajanan pasar seperti Gethuk Lupis buka pada pagi hari. Oleh karena itu, sebaiknya carilah jajanan khas Pati ini pada pagi dan hari libur lebih menyenangkan.

Kedua, jangan berpikir untuk membawa pulang jajanan khas Pati ini jika rumah Anda berada di luar kota yang memakan waktu lebih dari satu hari. Lho, kenapa? Hmmm, ini bukan getuk goreng, Bapak/Ibu, mas/mbak, kakek/nenek sekalian. Jadi, pastikan untuk disantap di tempat atau bawa pulang dengan waktu tidak lebih dari 24 jam agar tidak basi.

Warung Getuk Lopis Runting di Pati
Setelah Anda tahu mengenai dua hal di atas, kami akan pandu Anda mencari gethuk-lupis runting. Kalau Anda tahu Simpang Lima atau Alun-alun, silakan meluncur ke arah utara (menuju Tayu), yaitu sekitar 4 sampai 5 km dari Simpang 5.

Dalam hal ini, Anda harus melewati RS Soewondo Pati, Alugoro, SPBU, gapura SMPN 7/Dk Randu, dan tepat di Gapura Desa Payang/SMA Muhammadiyah, pelan-pelan saja. Di sekitar sini sampai pasar Runting, Anda bisa menjumpai getuk lopis.

Seiring dengan populernya getuk dan lopis runting, sejumlah warung tenda gethuk lupis bisa ditemukan di beberapa titik, misalnya di perempatan dekat Pasar Gowangsan dan tempat-tempat lainnya di sekitar kota Pati. Sekali lagi, menyantap jajanan gethuk lopis runting khas Pati itu mak nyus!

Ditulis oleh tim Wisata Kuliner Jalan-Jalan Direktori Pati

0 Response to "Menyantap Gethuk Lopis Runting, Jajanan Mak Nyus Asli Pati"

Post a Comment