Sultan Fried Chicken Pati, Nendang Ayamnya!

Sultan fried chicken Pati, nendang ayamnya! Begitu kalimat yang harus keluar saat menikmati paha ayam goreng ala Sultan ini. Dengan balutan tepung krispi yang renyah dan gurih, ayam goreng ala Sultan fried chicken menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda yang mencari resto atau rumah makan masakan ayam di Pati.

Sayangnya, bagi lidah Jawa yang terbiasa makan nasi bersama sayur lalap mentah dengan sambal yang menggelegar sepertinya kurang tepat jika mampir di Sultan fried chicken Pati. Pasalnya, Sultan fried chicken punya menu khas yang agak sedikit "barat". Kok, barat sih? Benar apa enggak?

Begini pecinta kuliner. Saat tim wisata kuliner Direktori Pati singgah ke Sultan fried chicken Pati sekadar untuk mencoba menu-menu yang ditawarkan, kami memutuskan untuk mencoba menu ayam paha goreng. Seperti fried chicken pada umumnya, rasa gurih, renyah, nikmat dan krispi. Dengan menu ini, kita mendapatkan satu paha fried chicken dengan satu porsi nasi dan saus sambal.

Sultan Fried Chicken Pati, Nendang Ayamnya!

Dengan sajian ini, ada sesuatu yang kurang untuk lidah orang Jawa, khususnya orang Pati. Sebetulnya ini relatif juga, sih. Pertama, takaran nasinya terbatas dan relatif sedikit, kecuali orang kantoran yang tidak terbiasa makan kenyang. Kalau mau nambah nasi, kita harus bayar lagi.

Kedua, makan nasi dengan ayam dan saus saja sepertinya kok kurang mantap, ya? Nah, dengan sajian ini, perut dan lidah kita sepertinya kurang puas deh. Lalu, kemudian tim wisata kuliner Direktori Pati memutuskan untuk menambah lalapan. Wah, nikmat betul lalapan dengan Rp 3.000 an bisa dapat banyak. "Ini baru mantap!" ujar salah satu reporter wisata kuliner Direktori Pati.

Setelah dimakan, ternyata ada yang komentar sambalnya kurang nendang, kurang mak nyus, dan kurang nampar. Hehe. Begitu komentarnya. Sultan fried chicken menurut kami, cocok untuk pecinta kuliner yang suka masakan barat atau makanan model cepat saji. Selera memang tidak bisa dipaksa.

Setiap resto atau warung makan punya karakter dan cita rasa tersendiri. Termasuk Sultan fried chicken Pati, warung makan ini punya pangsa pasar kuliner tersendiri yang bisa menjadi alternatif saat hendak berwisata kuliner di Kota Pati. Namanya juga fried chicken. Begitulah rasanya! Untuk ukuran fried chicken, kami mengakui Sultan fried chicken di Pati memang nendang ayamnya!

Salah satu hal yang mungkin kurang nyaman bagi kami adalah mekanisme pelayanannya, yaitu bayar di muka, lantas pembeli membawa piring dan makanannya sendiri. Lho, kok? Jadi begini juragan kuliner sekalian. Saat kita ingin makan di Sultan fried chicken Pati, kita terlebih dahulu bilang kepada kasir. Di situ, kita pesan sambil berdiri.

Setelah pesan, kita diberikan nasi putih dan ayam goreng alias fried chicken dengan membayar langsung di muka. "Sudah langsung bayar, kita diminta untuk membawa makanan sendiri," gerutu salah satu tim wisata kuliner kami. Namun, pelayanan itu tidak bisa distandardisasi kurang memuaskan atau tidak menurut kami. Sebab, ada juga orang yang justru lebih suka dengan pelayanan khas ala Sultan fried chicken ini.

Namun begitu, Sultan fried chicken Pati bisa dikatakan terjangkau bagi pelajar dan mahasiswa di Pati. Tengok saja paket menu steak ayam (chicken steak) dan teh manis yang bisa dinikmati dengan merogoh kocek Rp 9.500 saja. Murah, enak pula. Di sini, kita juga bisa menikmati hidangan sambil karaokean ditemani lagu-lagu pilihan kesukaan kita.

Adapun menu andalan Sultan Fried Chicken secara lengkap adalah sebagai berikut:
  1. Chicken steak
  2. Kwetiau goreng ayam
  3. Sup jagung (corn soup)
  4. Spagheti goreng ayam
  5. Burger
  6. Mie ayam
  7. Chicken katsu
  8. Nasi goreng ayam
  9. Sambal terasi
  10. Cappucino float
  11. Avocado Float
  12. French fries
  13. dan lain-lain

Rumah Makan (RM) Sultan fried chicken Pati berada di tengah-tengah kota Pati, tepatnya berlokasi di sebelah Warung Makan Suka Suka Pati. Jika Anda dari Simpang Lima Pati, jalan saja ke arah utara sekitar 200 meter. Tepat di ujung pertigaan (Depan Gereja Isa Almasih Pati), sebelah barat (sisi kiri dari Simpang Lima), kita akan menjumpai Resto Sultan fried chicken.

Di sekitar pertigaan Gereja Isa Almasih ini saja, kita bisa menemukan tiga rumah makan atau resto yang saling berdekatan, yaitu Sultan fried chicken, Rumah Makan Suka-Suka, dan Warung Makan Omah Cabe. Di sekitarnya, juga terdapat sejumlah hotel yang siap melayani wisatawan yang tengah berkunjung di Kota Pati.

Saat ini, selain di Pati, Sultan fried chicken memiliki 4 (lima) cabang, yaitu Sultan fried chicken Cabang Simpang 7 Kudus, Sultan fried chicken Cabang Jekulo Kudus, Sultan fried chicken Cabang Purwogondo Jepara, dan Sultan fried chicken Cabang Rumah Sakit Kartini Jepara.

Sultan Fried Chicken Pati
Alamat : Jalan Dr Wahidin Nomor 179 Pati, Jawa Tengah
Nomor telepon : (0295) 5522770
Alamat email : cs@sultan-fc.com

3 Responses to "Sultan Fried Chicken Pati, Nendang Ayamnya!"

  1. Infonya lengkap banget gan! kebetulan saya lagi cari fried chicken paling enak di Pati, eh malah ketemu tulisan soal sultan fried chicken di Pati ini.. Makasih atas info dan petunjuknya, maju terus Direktori Pati..

    ReplyDelete
  2. Iya sama, gan Pedia... semoga informasi seputar Sultan Fried Chicken Pati bermanfaat bagi pemburu kuliner Nusantara, khususnya wisata kuliner di Pati..
    Salam hangat,
    Eka Dewi Pujayanti,
    admin

    ReplyDelete
  3. RM Sultan apakah menyediakan pesan antar?dan jika iya apakah ada ketentuan jumlah pemesanan?

    ReplyDelete