Berkunjung ke Pasar Rogowangsan Pati

Pasar Rogowangsan yang beralamat di Jalan Rogowongso adalah salah satu pasar tradisional yang masih eksis di tengah Kota Pati, selain Pasar Puri dan Pasar Sleko. Di sebelah utara mendekati kecamatan Wedarijaksa tetapi masih ikut wilayah Kota Pati, Pasar tradisional Runting juga masih eksis. Di tengah hadirnya pasar swalayan modern seperti Luwes Pati, ADA Pati, serta sejumlah swalayan retail seperti Indomaret dan Alfamart, pasar tradisional di Kota Pati nampaknya tidak bergeming, tak terkecuali Pasar Rogowangsan.

Pasar Rogowangsan Pati

Warga Pati lebih suka menyebut Pasar Rogowangsan dengan sebutan "Pasar Gowangsan". Ejaan seperti ini lumrah dan wajar terjadi di wilayah Pati. Tujuannya tak lain untuk memudahkan lidah masyarakat Pati untuk mengucapkan Pasar Rogowangsan.

Sayangnya, Pasar tradisional Rogowangsan sulit untuk dipugar, direnovasi ataupun dikembangkan mengingat letak pasar ini berlokasi di pemukiman warga Rogowangsan. Meski begitu, pasar yang menampung sekitar 400 pedagang tersebut memberi pemasukan kepada pemerintah daerah Pati tidak kurang dari Rp 90 juta setiap tahun. Hal ini menunjukkan bahwa eksistensi Pasar Rogowangsan sebagai salah satu pasar tradisional di Kota Pati keberadaannya perlu dijaga.

Lantas, apa saja yang ada di Pasar Gowangsan? Sebagaimana pasar tradisional lainnya, pengunjung bisa menjumpai berbagai macam kebutuhan pokok, seperti beras, gula, telur, daging, ikan, buah-buahan, sayur-sayuran, perabotan rumah tangga, bunga atau kembang, rempah-rempah dan bumbu dapur, serta sejumlah kebutuhan hidup sebagaimana dijual di swalayan modern. Di wilayah pasar ini juga terdapat Pasar Burung yang biasa dikunjungi pemburu burung dari berbagai wilayah di Pati.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Pasar Rogowangsan Pati, berikut ini adalah petunjuk yang bisa Anda gunakan sebagai navigasi. Kalau Anda dari alun-alun Pati, Anda ambil arah selatan (menuju Kayen atau Sukolilo) sekitar 200 meter. Setelah Anda menjumpai perempatan rambu lalu lintas pertama, Anda belok kiri. Nah, di sepanjang trotoar dan jalan Rogowangsan itu adalah letak Pasar Gowangsan. Pasar Rogowangsan berdekatan dengan swalayan Luwes Pati, Simpang Lima Pati, terminal Pati, dan bersebelahan dengan kawasan Pecinan Pati.

0 Response to "Berkunjung ke Pasar Rogowangsan Pati"

Post a Comment