Taman Kota Pati

taman kota pati photo
Taman Hutan Kota Pati

Alamat : Jalan Panglima Sudirman, Pati, Jawa Tengah
Lokasi : berdekatan dengan SPBU Jalan P Sudirman, berada di depan atau berseberangan dengan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, bersebelahan dengan kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pati, berdekatan dengan SMA Negeri 3 Pati, serta sekitar 500 meter dari SMA Nasional Pati.

Taman Kota Pati yang beralamat di Jalan P Sudirman Pati ini menjadi destinasi alternatif rekreasi bagi warga Kota Pati maupun traveler yang melewati Kota Pati. Taman Kota Pati berlokasi di tempat strategis, yaitu di pinggir jalan pantura. Jika Anda masuk di gerbang Kota Pati yang bertuliskan "Selamat datang di Kota Pati Bumi Mina Tani", maka Anda lurus sekitar 1 km, setelah perempatan lampu merah, lurus kurang lebih 500 meter sebelah kanan, Anda akan menjumpai taman Kota Pati.

Taman kota Pati ini mulai dibangun sekitar tahun 2007 an atau 2008 an yang bertujuan sebagai taman hutan kota. Hutan kota dibangun untuk memberikan nuansa hijau dan udara yang menyehatkan di kawasan sekitar pantura Kota Pati. Seiring dengan itu, taman hutan kota Pati ini kemudian berubah menjadi tempat wisata rekreasi bagi warga kota Pati. Taman hutan kota pati ini cocok bagi keluarga untuk melepas penat dan sekadar menghabiskan waktu untuk ngobrol santai dan rekreasi. Apa saja yang ada di salam taman kota Pati?

Pohon jati

Taman hutan kota ini terdapat berjajar pohon jati di sepanjang wilayah hutan kota. Beberapa pohon lain juga membuat suasana taman hutan kota menjadi teduh dan sejuk. Untuk membuat pohon menjadi hidup, pemerintah kabupaten pati melakukan pengecatan pada batang pohon berwarna merah, biru, kuning dan hijau.

Tempat berjalan

Di dalam taman hutan kota pati juga terdapat jalan paving yang cocok digunakan untuk jalan-jalan santai menikmati sejuknya udara. Sembari jogging dan ngobrol santai, tempat jalan berpaving yang disediakan ini memang didesain untuk rekreasi, relaks, dan refreshing.

Gazebo

Di taman hutan kota pati ini juga terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk duduk berduaan dengan suami atau istri atau cocok digunakan bersama anak dan keluarga. Gazebo di taman kota pati didesain klasik dan tradisional yang menambah suasana menjadi "Pati banget". Gazebo di bawah teduhnya pohon jati membuat suasana rekreasi semakin lengkap.

Kebun binatang mini

Baru-baru ini, taman hutan kota pati juga terdapat kebun binatang mini yang di dalamnya terdapat kijang atau rusa. Kita juga dapat menjumpai kera atau monyet kecil. Lutung lucu yang dirantai di pohon ini bisa menghibur pengunjung. Kebun binatang mini di tengah taman kota pati yang terbilang kecil ini cukup memberikan warna yang alami bagi setiap pengunjung.

Ayunan

Sejumlah mainan atau tempat yang memanjakan pengunjung juga ada di taman kota pati, misalnya bandulan atau ayunan. Ayunan ini cocok bagi pengunjung yang sedang berlibur bersama keluarga. Bahkan ayunan ini banyak digunakan muda-mudi yang tengah berpacaran.

Pedagang makanan

Keramaian taman hutan kota membuat sejumlah pedagang kaki lima menggelar lapak di pinggiran taman kota. Keberadaan warung-warung kecil ini memudahkan bagi pengunjung yang ingin makan, minum atau sekadar mencari camilan. Salah satu warung yang menjajakan nasi adalah warung nasi kucing atau yang dikenal dengan warung sego kucing. Pedagang makanan yang ada di taman hutan kota ini beragam, mulai penjual es degan (kelapa muda), jajanan, dan makanan.

Fungsi taman: hutan kota, wisata dan ekonomi

Menurut tim direktori pati, taman kota pati ini memiliki tiga fungsi. Pertama, taman kota pati berfungsi sebagai agenda penghijauan atau reboisasi di wilayah kota sehingga punya dampak positif bagi lingkungan, terutama lingkungan udara. Kedua, taman kota pati berguna sebagai tempat wisata rekreasi bagi warga kabupaten Pati maupun pengunjung dari luar kota. Ketiga, taman kota pati memiliki dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, setidaknya ekonomi yang sangat mikro, yaitu memberikan peluang bagi warga sekitar untuk menjaga parkir dan berjualan di sekitar taman kota pati.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa fungsi taman kota pati adalah sebagai hutan kota, wisata rekreasi alternatif bagi keluarga, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi penduduk setempat.

Selentingan negatif

Sejak awal dibangunnya taman kota pati, banyak selentingan negatif yang mengatakan bahwa tempat tersebut banyak disalahgunakan oleh kalangan muda-mudi untuk berpacaran di luar batas kewajaran. Meskipun demikian, pembangunan yang berkelanjutan membuat taman kota pati semakin tertib. Logika sederhananya, dulu taman kota masih berantakan dengan banyaknya semak-semak, tapi sekarang sudah bersih dan tertata rapi sehingga pengunjung pun kini memanfaatkan taman kota sebagai wahana rekreasi alternatif.

Taman kota pati photos

Untuk memberikan gambaran tentang taman hutan kota pati, berikut disajikan foto-foto atau gambar-gambar taman kota pati bagi Anda yang sedang mencari deskripsi tentang taman hutan kota pati ini (taman kota pati description). Taman kota pati photos ini merupakan koleksi foto-foto www.direktoripati.blogspot.com

Salah satu gazebo yang ada di Taman Kota Pati
Rusa atau kijang di kebun binatang mini taman kota Pati
Kelucuan binatang rusa di taman kota Pati tampak dari depan

0 Response to "Taman Kota Pati"

Post a Comment