Pujasera Pati

Puja Sera Pati (Pusat Jajanan Selera Rakyat Pati Roro Mendhut)
Alamat : Jalan Tunggul Wulung, Pati, Jawa Tengah
Lokasi : Bersebelahan dengan Gedung Olahraga (GOR) Pati, berdekatan dengan Patung Adipura Kota Pati, berdekatan dengan Halte Puri

Selama ini pusat jajanan selera rakyat (pujasera) ada di berbagai kota besar, seperti Semarang, Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan sebagainya. Namun, seiring dengan berkembangnya pujasera sebagai jajanan ala masyarakat, pujasera merambah ke berbagai kota/kabupaten. Salah satu pujasera yang baru saja dibangun adalah pujasera Pati.

Pujasera di Kota Pati dinamakan "Puja Pati Roro Mendhut" yang merupakan pengembangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Pati. Pujasera ini terletak di tempat yang strategis, yaitu sebelah selatan bersebelahan dengan Gedung Olahraga (GOR) Pati, dan berdekatan dengan Patung Adipura Kota Pati di mana tempat tersebut menjadi persinggahan para traveler, wisatawan maupun pengunjung yang berasal dari Kota Kudus, Demak, Semarang, Jakarta. Lokasi ini sangat mudah dicari dan dijangkau, tepat berada di depan Ruko Plaza Puri.

Lalu, apa saja yang terdapat di Pujasera Pati? Di Pujasera Pati ini terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan, baik lesehan maupun tempat duduk. Makanan yang mendominasi adalah penyetan atau makanan bersambal. Berikut ini beberapa warung yang ada di Pujasera Pati.

Laras Rasa

Laras Rasa adalah salah satu warung yang berlokasi di Pujasera Pati. Menu yang ditawarkan Laras Rasa beragam. Menurut data yang dihimpun Direktoripati.blogspot.com, menu yang ditawarkan Laras Rasa adalah ayam goreng-ayam bakar, bebek goreng-bebek bakar, dara/merpati goreng dan bakar, tempe penyet, garang asem, tahu, sayur bening, soto daging, dan lain sebagainya.

Larasati

Bersebelahan dengan Laras Rasa ada warung bernama Larasati. Menu yang ditawarkan Larasati ini, antara lain gurami, krupu, bawal, nila, kakap, pecel lele, cumi-cumi, udang,burung dara/merpati, dan ayam goreng. Larasati ini menjadi alternatif bagi pencinta kuliner seafood mengingat selama ini warung makan didominasi makanan non-laut seperti ayam, bebek dan telur. Larasati ini menjadi rekomendasi tepat bagi pemburu makanan khas seafood di Pati.

Sami Roso

Sami Roso berada di sebelah selatan tepat Larasati. Manu makanan yang ditawarkan Menu Roso di antaranya ayam kampung, garang asem ayam, soto daging, asem-asem daging, nasi goreng, dan nasi rawon. Sami Roso menjadi pilihan tepat bagi pengunjung yang ingin menu baru selain penyetan, misalnya nasi rawon, nasi goreng, asem-asem, dan garang asem ayam. Menarik sekali, bukan? Selain itu, jika pengunjung bosan dengan ayam potong, maka solusinya adalah ayam kampung. Dilihat dari segi rasanya, jelas ayam kampung memiliki rasa gurih, dagingnya padat, dan lebih mantap. Jika Anda salah satu penggemar makan ayam kampung, Sami Roso bisa menjadi alternatif tepat.

Bakso dan mie ayam

Tepat di sebelah Sami Roso terdapat warung yang menjajakan bakso dan mie ayam. Saat Direktoripati.blogspot.com berkunjung, "Bakso dan Mi Ayam" yang ditawarkan di Pujasera Pati ini meliputi beberapa menu, antara lain bakso tangkar, mi ayam, dan mi so. Warung ini menjadi alternatif bagi penggila bakso dan mie.

Ora Nyono

Warung ini dilihat dari namanya cukup unik, yaitu ora nyono yang berarti tidak mengira. Ora berarti tidak, nyono berarti mengira. Warung Ora Nyono menawarkan menu yang berbeda dengan lainnya, yaitu sate kambing, ayam penyet, mentok penyet (baca: menthok, semacam bebek), rica-rica ayam, rica-rica menthok, bandeng tanpa duri, gule, sate ayam, ayam kampung. Bagi pencinta kambing, Ora Nyono ini menjadi pilihan tepat untuk menyantap sate kambing di Pujasera Pati.

Nasi Gandul

Pujasera juga menyediakan nasi gandul sebagai masakan khas asal Pati. Nasi Gandul ini tersedia di beberapa warung, seperti Miroso. Tinggal berkunjung ke Pujasera Pati, Anda akan melihat plang atau papan besar yang bertuliskan "Nasi Gandul". Di Pati, nasi gandul biasa disebut dengan sego gandul. Ini masakan khas Pati yang melegenda.

Laras Rasa sebagai bagian dari Pujasera Pati. Foto: Direktori Pati

0 Response to "Pujasera Pati"

Post a Comment