KJKS BMT Fastabiq Pati

Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BMT Fastabiq Pati adalah satu lembaga keuangan berbasis syariah yang tengah berkembang pesat di Pati. Bahkan, perkembangan BMT Fastabiq di Pati sampai membuka cabang kantor di berbagai kota seperti Jepara dan Kudus. Perkembangan itu sejalan dengan bertumbuh kembangnya fastabiq sehat dan Rumah Sakit Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati. Sejumlah unit usaha itu berkembang dan terlihat bertumbuh pesat.

Berkembangnya KJKS BMT Fastabiq Pati juga ditandai dengan perekrutan lowongan kerja besar-besaran, mulai dari lowongan kerja marketing hingga administrasi. Tidak hanya itu, koperasi yang tengah "naik daun" ini juga membuka usaha di bidang properti, salah satunya dengan menawarkan tanah kavling yang dipatok mulai dari Rp 40 juta an. Untuk info lowongan kerja (loker) BMT Fastabiq, silakan baca Lowongan Kerja BMT Fastabiq Terbaru 2014.

KJKS BMT Fastabiq Pati

Produk BMT Fastabiq
Sebagai koperasi keuangan berbasis syariah, BMT Fastabiq memberikan beberapa pelayanan keuangan untuk masyarakat. Pelayanan keuangan tersebut dalam perbankan dikatakan sebagai produk. Adapun produk BMT Fastabiq adalah sebagai berikut:

Simpanan Suka Rela Lancar (SIRELA)
Produk BMT Fastabiq jenis ini seperti simpanan pada umumnya, yaitu orang menabung sejumlah uang di tabungan Sirela. Orang bisa kapan saja menyetor sejumlah uang untuk ditabung di BMT Fastabiq. Hasil dari tabungan, bisa diambil kapan saja dan di mana saja. Di mana saja maksudnya adalah diambil di BMT Fastabiq cabang manapun, bukan hanya di Pati tetapi juga di Kudus maupun Jepara.

Uang yang dititipkan di BMT Fastabiq akan dikelola menggunakan mekanisme dan prosedural syariah Islam. Adapun hasil tabungan tidak diberikan menggunakan bunga, tetapi menggunakan bagi hasil di mana sistem ini menggunakan prinsip syariah.

Terkait dengan setoran awal, orang bisa menabung di BMT Fastabiq minimal Rp 2.000. Untuk membuka sebagai setoran awal adalah Rp 10.000. Penyetoran tabungan bisa dilakukan oleh orang lain. Pengambilan ini bisa dilakukan kapan pun sewaktu-waktu selama masih dalam jam kerja.

Simpanan untuk Qurban (SUQUR)
Produk BMT Fastabiq jenis ini merupakan layanan khusus untuk siapa pun yang ingin menabung atau menyisihkan uang untuk kurban pada hari raya Idul Adha. Jadi, bisa dikatakan layanan ini merupakan menabung untuk qurban.

Bagaimana caranya? Pertama, Anda harus menyetor uang minimal Rp 70.000 per bulan atau Rp 3.000 setiap hari dengan jangka waktu satu tahun. Setelah itu, pengambilan uang dilakukan setelah jatuh tempo yang telah ditentukan petugas. BMT Fastabiq mengklaim bahwa bagi hasil yang diberikan kepada pihak penabung berdasarkan prinsip syariah. Dalam hal ini, BMT Fastabiq juga menyediakan hewan kurban.

Deposito
Menurut Lismanto, S.H.I (sarjana hukum Islam IAIN Walisongo), deposito dalam khasanah kajian Islam atau keuangan syariah bisa disebut dengan "mudharabah". Mudharabah sendiri berarti kerja sama antara seseorang yang punya modal (shahibul amal) dengan pihak pengelola keuangan (mudharib) di mana pemilik uang menitipkan modal kepada pengelola keuangan dengan perjanjian tertentu. Menurut Lismanto, perjanjian tersebut biasanya berupa bagi hasil atas hasil yang dikelola dari lembaga pengelola keuangan.

Sama halnya dengan BMT Fastabiq, lembaga keuangan syariah ini juga memberikan deposito kepada pihak yang menitipkan uangnya kepada BMT Fastabiq. Deposito dalam BMT Fastabiq memberikan jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun. Deposito atau simpanan mudharabah jangka panjang merupakan salah satu produk BMT Fastabiq yang dikelola menggunakan prinsip syariah.

Berbicara soal bunga deposito BMT Fastabiq, tim Direktoripati.blogspot.com melakukan wawancara dengan Siswanto, S.Si (guru Kimia SMA Muhammadiyah Pati) yang sudah lama menitipkan uangnya di BMT Fastabiq melalui deposito atau mudharabah. Siswanto mengatakan, bunga deposito BMT Fastabiq adalah sekitar 1 persen per bulan. Ia mengilustrasikan dengan uang modal Rp 1.000.000 (satu juta rupiah), maka BMT Fastabiq memberikan bunga sebesar Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) per bulan di mana bisa diambil jika sudah jatuh tempo, misalnya jatuh tempo yang diminta pemilik modal adalah 3 bulan. Informasi mengenai bunga deposito BMT Fastabiq ini berdasarkan pengalaman nasabah, bukan dari petugas sehingga apabila terjadi perubahan bisa menanyakan langsung ke kantor BMT Fastabiq.

Istilah bunga deposito BMT Fastabiq di sini untuk memudahkan bagi seseorang yang belum memahami istilah bagi hasil. Sebagaimana kita tahu, bunga menurut Islam adalah haram sehingga bentuk yang diberikan bukan bunga, tetapi bagi hasil. Sehingga perlu diluruskan bahwa bunga deposito BMT Fastabiq berbentuk bagi hasil yang dikelola menggunakan prinsip syariah.

Selain itu, ada beberapa jenis pelayanan keuangan syariah lainnya, di antaranya Simpanan Masa Depan (Simapan), Simpanan Haji Mabrur (Simabrur), Simpanan Pelajar Berprestasi (Simpelpres), serta Simpanan Wadiah Amanah (Siaman). Demikian berbagai produk BMT Fastabiq yang ditawarkan kepada masyarakat.

Kantor cabang BMT Fastabiq
Adapun kantor cabang BMT Fastabiq adalah sebagai berikut:
- BMT Fastabiq Pasar Runting, Pati
- BMT Fastabiq Wedarijaksa, Pati
- BMT Fastabiq Margoyoso, Pati
- BMT Fastabiq Trangkil, Pati
- BMT Fastabiq Tayu, Pati
- BMT Fastabiq Ngablak, Pati
- BMT Fastabiq Kelet, Jepara
- BMT Fastabiq Mayong, Jepara
- BMT Fastabiq Kudus
- BMT Fastabiq Jekulo, Kudus
- BMT Fastabiq Sukolilo, Pati
- BMT Fastabiq Kayen, Pati
- BMT Fastabiq Tambakromo, Pati
- BMT Fastabiq Winong, Pati
- BMT Fastabiq Juwana, Pati
- BMT Fastabiq Batangan, Pati
- BMT Fastabiq Pasar Puri, Pati
- BMT Fastabiq Pasar Sleko, Pati

Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BMT Fastabiq Pati
Alamat BMT Fastabiq: Jalan Pati-Tayu Km 3 Tambaharjo Pati, Jawa Tengah
Nomor telepon : (0295) 383999
Faximile : (0295) 383936
Alamat email : bmtfastabiq@yahoo.com
Website resmi : bmtfastabiq.co.id

0 Response to "KJKS BMT Fastabiq Pati"

Post a Comment