Kantor DPRD Pati

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati terletak di kawasan Simpanglima Pati, tepatnya bersebelahan di Kantor Bupati Pati, dan bersebelahan dengan kawasan pertokoan Salza Resto and Convention Hall.

Sebagaimana DPR RI, DPRD Pati berperan sebagai penyalur aspirasi rakyat, khususnya rakyat Kabupaten Pati. Secara terperinci, DPRD Pati memiliki kewajiban dan tugas untuk memegang teguh serta mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar (UUD) RI 1945 serta menaati Peraturan Perundang-undangan Negara Republik Indonesia, berkewajiban memelihara kerukunan dan keutuhan NKRI, mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan, berjuang menyejahteraan rakyat khususnya rakyat Kabupaten Pati, taat pada prinsip demokrasi pada penyelenggaraan pemerintah daerah Pati, taat pada tata tertib dan kode etik lembaga, menjaga etika serta norma dalam hal hubungan kerja dengan lembaga lain di dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, menyerap serta mengumpulkan aspirasi masyarakat melalui kunjungan kerja, menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat khususnya masyarakat Pati, bertanggungjawab secara moral-politik pada konstituen di daerah pemilihannya.


Kantor DPRD Pati

Gedung DPRD Pati
Gedung DPRD Kabupaten Pati yang baru saat ini dibangun jauh sesudah kantor bupati Pati dibangun. Kantor DPRD Pati ini tergolong memiliki bangunan yang mewah dan megah dengan karakter bangunan yang modern sekaligus mempertimbangkan aspek bangunan bergaya khas Pati klasik.

Orang Pati sendiri menyebut gaya bangunan DPRD Pati bergaya "pencu" yang berarti bangunan tersebut memiliki atap yang menjulang tinggi. Ini karakter bangunan khas masyarakat Pati pada zaman dahulu. Bangunan pencu di Pati masih banyak dijumpai di wilayah Pati bagian timur. Gedung DPRD Pati yang dibuat dengan arsiteksi "modern" dan akomodasi "lokal Pati" ini yang membuat gedung ini memiliki corak khas orang Pati yang modern.

Terkait dengan warna, gedung DPRD Pati memilih warna oranye kecoklatan dengan warna genteng/atap yang terbuat dari tanah. Genteng DPRD diwarnai dengan coklat matang dilapisi cat dop yang mengkilat saat terkena sinar matahari. Tepat di depan bangunan terdapat taman hijau yang rimbun.

Jika Anda mencari gedung DPRP Pati, Anda cukup mengunjungi Simpang 5 Pati karena letaknya bersebelahan. Jika Anda dari arah Kudus, Anda lurus hingga menjumpai patung tugu tani (dekat SMPN 4 Pati) lalu lurus hingga menjumpai patung di pertigaan di mana arah lurus arah SimpangLima (jangan lewat jalan ini karena satu arah). Anda belok kiri dan beberapa meter menjumpai rambu lalu lintas (patung adipura di kawasan Puri), maka Anda belok kanan menuju arah Juwana atau Rembang.

Setelah itu, Anda lurus saja hingga menjumpai pertigaan patung garuda, Anda lurus saja hingga menemui rambu lalu lintas lagi. Jika sudah bertemu rambu lalu lintas, Anda lurus lagi hingga menemui rambu lalu lintas yang kedua dan belok kanan. Setelah itu, Anda cukup lurus saja sekitar 500 meter kiri jalan Anda akan ketemu gedung DPRD Pati, setelah gereja, perpustakaan daerah dan setelah makam Adipati Tombronegoro.

DPRD Pati Jateng
Alamat: Jalan Dr Wahidin Nomor 2A Pati, Jawa Tengah
Nomor telepon: (0295) 381719
Website resmi: www.dprd-patikab.go.id

0 Response to "Kantor DPRD Pati"

Post a Comment