Pasar Runting

Pasar Runting Pati
Alamat : Jalan Raya Pati - Tayu

Pasar Runting merupakan salah satu pasar tradisional di Pati yang terletak di desa Runting. Seperti pasar tradisonal pada umumnya, pasar ini juga digunakan sebagai tempat untuk jual beli segala komoditas pangan  seperti sayuran, buah, beras, ikan, lauk pauk, dan lain sebagainya.

Mengenai lokasi, Pasar Runting paling dekat dengan SMA/SMK Muhammadiyah Pati, SMA Wahid Hasyim Pati, atau jajaran ruko-ruko perbelanjaan dekat Gapura Desa Payang. Jika Anda dari RS Soewondo Pati, lurus menuju arah Tayu kurang lebih 3 kilometer, melewati Alugoro, Gapura Payang, SMA/SMK Muhammadiyah Pati. Jika sudah ketemu SMA/SMK Muhammadiyah Pati, lurus ke arah Tayu sekitar 600 meter kiri jalan Anda akan jumpai Pasar Runting.

Biasanya para pedagang di Pasar Runting mulai melakukan aktivitas perdagangan mulai sekitar pukul 02.00 WIB. Namun hanya terbatas pada sayuran segar dan buah saja. Aktivitas perdagangan di pasar ini mulai ramai baru pada pukul 04.30 WIB atau usai waktu subuh. Pada jam-jam tersebut para pembeli seperti pedagang iklan keliling atau biasa disebut “tereng” akan mulai berbelanja.

Di samping itu, letak pasar yang dekat dengan pemukiman penduduk serta berada tepat di pinggir jalan raya, menjadikan pasar Runting tujuan berbelanja masyarakat sekitar pasar. Aktivitas peragangan di pasar ini akan mulai sepi pada sekitar pukul 12.00 WIB ke atas. Namun ada juga beberapa pedagang yang masih berjualan hingga malam hari seperti pedagang buah dan pakan ternak. Menjelang malam area depan pasar digunakan para pedagang kaki lima, seperti sate ayam, bubur kacang hijau, dan sate kambing untuk berjualan.

Jika Anda berkunjung ke Pasar Runting Pati, Anda tidak perlu khawatir, karena di sebelah utara pasar terdapat tempat parkir yang dikelola oleh pihak swasta. Sehingga keamanan kendaraan anda bisa lebih terjamin. Selain itu, terdapat pula toilet umum bagi para pengunjung. Kebersihan dari toilet umum tidak perlu dirisaukan, karena ada penjaga yang siap membersihkan toilet ini. Untuk dua fasilitas ini Anda perlu mengeluarkan 1000 rupiah untuk biaya parkir atau penggunaan toilet umum.

0 Response to "Pasar Runting"

Post a Comment